LKPD BERBANTUAN GEOGEBRA BOOK MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Sri Devi Eka Yuliyanti, Nur Hadi Waryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbantuan Geogebra Book dengan pendekatan kontekstual pada materi segitiga dan segiempat untuk peserta didik kelas VII SMP dan berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan pokok, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu kelas di SMP Negeri yang berlokasi di Kabupaten Sleman. Data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik tes dan non – tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbantuan Geogebra Book dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteri valid, praktis dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011). Power comparisons of shapiro-wilk, kolmogorov-smirnov, lilliefors and anderson-darling tests. Journal of statistical modeling and analytics, 2(1), 21-33.

Galicia, M. A., Poza, D., Pajares, J., & López-Paredes, A. (2018). Implementation of Economic Models For Undergraduate Students with Geogebra. In ICERI2018 Proceedings (pp. 9529-9534). IATED.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Division D, 1–4.

Hidayat, A. (2013). Pengertian Dan Rumus Uji Saphiro Wilk–Cara Hitung. Jurnal Ilmu Pendidikan,(Online), Tersedia: Https://Www. Statistikian. Com/2013/01/Saphiro-Wilk. Html, Diunduh, 12.

Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Novri, U. S., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81-90.

OECD, C. N. (2019). Indonesia-Results from PISA 2018. PISA: OECD Publishing.

Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Vol. 85). Princeton university press.

Septian, R., Irianto, S., Andriani, A., & Purwokerto, U. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. 5(1), 59–67.

Syarifudin, A. S. (2020). Albitar Septian Syarifudin Universitas Trunojoyo Madura, Jalan Raya Telang, Bangkalan. METALINGUA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Pemerintah, 5(1), 31-34.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5)

Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1–16




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v9i3.18566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia