PERMAINAN MONOPOLI BERTEMA LOKAWISATA MAGELANG UNTUK PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL

Fahmi Syafaat, Ilham Rizkianto

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah, antusiasme belajar, dan pengetahuan siswa mengenai lokawisata Magelang, serta kurangnya media yang membuat suasana belajar menyenangkan dan aktif memerlukan alternatif solusi berupa media monopoli. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan, mengetahui kualitas, dan mendeskripsikan respon pengguna terhadap monopoli aritmetika sosial bertema lokawisata Magelang dengan orientasi kemampuan pemecahan masalah. Penelitian menggunakan metode R&D model Hannafin & Peck meliputi analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Setiap fase terdapat evaluasi. Penelitian dilakukan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data meliputi Miles & Huberman dan statistik. Berdasarkan uji ahli, media valid dan praktis dengan persentase rata-rata 82,68% berkategori “Layak” dari segi materi dan 84,03% berkategori “Layak” dari segi media. Pada uji kelas kecil, media valid dan praktis dengan persentase rata-rata 82,59% berkategori “Layak” dari perspektif guru dan 90,60% berkategori “Sangat Layak” dari perspektif siswa. Berdasarkan uji kelas nyata, media efektif terlihat dari perbedaan signifikan rata-rata pre-test dan post-test dengan nilai , yaitu  dan , yaitu . Media mendapatkan respon positif dari guru dan siswa. Kesimpulan secara umum adalah media dikembangkan dengan model Hannafin & Peck, memiliki kualitas yang baik, dan mendapatkan respon positif dari pengguna.


Keywords


monopoli; aritmetika sosial; lokawisata Magelang; kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., & Badarudin, B. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar dengan Memasukkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Alfabeta.

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78.

Andriyanti, M. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Matematika (MONIKA) untuk Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Adhyaksa Tahun Ajaran 2018/2019. Scientifika Coloquia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 16–22. http://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/jupika/article/download/596/624.

Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika Pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131.

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036.

Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zhanty, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227–236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603.

Handayani, S. P., Ramlah, R., & Utami, M. R. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), 393–400. http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/57SiskaPratiwi-SESIOMADIKA-2017.pdf.

Keputusan Mendikbudristek RI 2022 No. 56/M/2022. Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. [Guidelines for Implementing Curriculum in the Context of Learning Recovery].

Lazar, M. T. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Matematika Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa SMP. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1–6.

Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 133–140. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/5807.

Pratama, R. A., Ananta, R., & Yuniarti, S. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Matematika (Monotika) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 14–28. https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/291.

Riskyanti, D., Hamid, H., & Jalal, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 14 Halmahera Selatan Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 41–56. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/matematika/article/view/2656/2114.

Saputra, M. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Berbasis Unsur Budaya dan Kearifan Lokal Daerah Jambi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa [Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin]. http://repository.uinjambi.ac.id/3955/.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendra, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Bernuansa Islam Berbantuan Brain Gym [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/2349/.

Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270.

UU RI 2003 No. 20. Sistem Pendidikan Nasional. [National Education System].

Zaif, A., Sunardi, S., & Diah, N. (2013). Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya untuk Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IX I SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Pancaran, 2(1), 119–132. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/464.

Zebua, F. J. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 2 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore/article/view/346.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v9i3.18433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia