PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA KELAS VIII

Farida Riza Umami , Sugiyono,M.Pd

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 1 Kalibawang Kabupaten Wonosobo. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat yang dikembangkan yaitu lembar validasi oleh ahli, angket respon guru, angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran, dan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan valid. Penilaian RPP oleh dosen ahli mendapatkan skor rata-rata 3,98 dari skor maksimal 5 dan penilaian LKS oleh dosen ahli mendapatkan skor rata-rata 4,02 dari skor maksimal 5. Hasil penilaian angket respon guru dan siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Hasil angket respon guru mendapatkan skor 3,2 dari skor maksimal 4 dan angket respon siswa mendapatkan skor rata-rata 3,21 dari skor maksimal 4. Hasil penilaian terhadap tes hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan sangat efektif karena persentase ketuntasan mencapai 81,8 % dengan rata-rata 83,6 dari skor maksimal 100. Kata kunci : perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, bangun ruang sisi datar ABSTRACT This research aimed to develop learning set based on scientific approach on polyhedron chapter for grade 8th students and to know the quality of learning set developed in terms of validity, practicality and effectiveness aspects. This research used the ADDIE procedure consisting of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjects of this research were students of grade VIII B SMP Negeri 1 Kalibawang, Wonosobo. The instruments used to obtain the data quality of the learning set developed were the validation sheet by the expert, teacher response questionnaire, student response questionnaire to learning set, and test result of learning. The results of this research showed that the learning set developed was valid. The average score of assesment of RPP by expert lecturers was 3.98 from 5 maksimum score and the score of LKS assessment by expert lecturers was 4.02 from 5 maksimum score. The results of the questionnaire assessment of teacher and student responses to learning set developed showed that learning set developed qualify the practical criteria. The average score of questionnaire of teacher responses was 3,2 from 4 maksimum score and the average score of questionnaire of student response was 3,21 from 4 maksimum score. The results of the assessment of the test results of learning achieved by students

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i2.10545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia