EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Kasyifatun Aeni , Dr. Sugiman

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan Pendidikan Matematika Realistik ditinjau dari prestasi dan kemandirian belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pemalang. Penelitian ini merupakan pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pemalang yang terdiri dari 9 kelas. Kemudian dipilih satu kelas dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar siswa. Validasi instrumen menggunakan validasi isi melalui expert judgments. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-one sample test dan t-paired sample test. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata pretest dan posttest prestasi belajar masing-masing sebesar 31,28 dan 68,375. Sedangkan skor rata-rata awal dan akhir kemandirian belajar siswa masing-masing 87,625 dan 89,40. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik efektif ditinjau dari peningkatan prestasi dan kemandirian belajar. Kata Kunci : Pendidikan Matematika Realistik, prestasi belajar, dan kemandirian belajar Abstract The study aims to describe the effectiveness of learning using Realistic Mathematics Education approach in terms of the achievement and independence of mathematic learning in grade 7th students of junior high school. This type of study was a pre-experimental with one group pretest-posttest design. The subject was all 7th grade students in SMP Negeri 2 Pemalang which was consisted nine classes. Then, it was established 32 students of VII C as an experimental class using purposive sampling technique. The research instrument consisted of questionnaire and test. A validation technique was content validity that reviewed by expert judgments. Furthemore, the study data analysis used uji t-one sample test and t-paired sample test. Based on the data obtained, average valuethe pretest and posttest of achievement are respectively 31,28 and 68,375. While the average score the beginning and the end of learning independence are respectively 87,625 and 89,40. Based on hypothesis testing, it can be concluded that the learning with Realistic Mathematics Education approach is effective in terms of improvement achievement and independence of mathematic learning. Key words: Realistic Mathematics Education, learning achievement, and learning independence

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i1.10535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia