OPTIMISASI RUTE DISTRIBUSI AIR MINERAL GALON HR BAROKAH PASAR KEMIS TANGERANG DENGAN MENGGUNAKAN LINGO

Rifki Pandu Imantoro, Sahid Sahid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rute distribusi air mineral galon di HR Barokah dengan menggunakan LINGO; dan mengetahui perbandingan hasil rute distribusi dari LINGO dengan rute distribusi awal yang digunakan HR Barokah. Permasalahan optimisasi rute distribusi air mineral galon di HR Barokah adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). CVRP adalah permasalahan penentuan rute distribusi produk dari perusahaan kepada pelanggan dengan menggunakan kendaraan yang memiliki kapasitas terbatas. Permasalahan CVRP di HR Barokah diselesaikan menggunakan LINGO dengan branch and bound solver. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian CVRP pada pendistribusian air mineral galon dengan menggunakan LINGO menghasilkan total jarak tempuh sebesar 39 km. Penghematan jarak yang didapatkan jika menggunakan rute distribusi yang dihasilkan LINGO adalah sebesar 7 km atau persentase sebesar 15,2%.


Full Text:

XML

References


BPS. (2021). Kabupaten Tangerang Dalam Angka. Tangerang: BPS Kabupaten Tangerang

Laporte, G. (1992). The Vehicle Routing Problem: An Overview of Exact and Approximate Algorithms. European Journal of Operating Research, 59.

Clara, B.K.W. (2020). Penentuan Rute Distribusi Menggunakan Metode Nearest Neighbors dan Metode Branch and Bound untuk Meminimumkan Biaya Distribusi di PT. X. Jurnal Optimasi Teknik Industri, Vol. 2, No. 1, 7-12.

Febri, T., et al. (2015). Usulan Rancangan Rute Distribusi Gas LPG 3 kg Menggunakan Metode Heuristik dan Metode Branch And Bound Di PT X. Reka Integra, Vol. 3, No. 3.

Anton, I.G. (2009). Penyusunan Rute Distribusi Jus Dalam Kemasan Menggunakan Clark and Wright Saving Heuristic. INASEA, Vol.10, No.2.

LINDO. (2020). LINGO The Modeling Language and Optimizer. Chicago: LINDO Systems, Inc.

Alipour, M.M. (2012). A Learning Automata Based Algorithm For Solving Capacitated Vehicle Routing Problem.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.