KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN

Dian Permatasari K.D

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui signifikansi perbedaan keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan antara yang diajar dengan menggunakan media gambar dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain eksperimen Pre-test Post-test Control Group. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (X) berupa penggunaan gambar dan variabel terikat (Y) berupa keterampilan berbicara bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 256 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas XD sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 peserta didik dan kelas XH sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 peserta didik. Jumlah anggota sampel adalah 65 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan berbicara. Validitas pada penelitian menggunakan validitas isi serta validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach (rtt) = 0, 874. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat signifikansi perbedaan keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan antara yang diajar dengan menggunakan gambar dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,507 > 2.000). (2) terdapat efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan Klaten, dengan bobot keefektifan 12,24%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Media gambar efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA N 1 Prambanan Klaten. 


Full Text:

PDF

References


Wahrig, Gerhard. 1978. Wörterbuch der deutschen Sprache. München. Deutscher Taschenbuch Verlag GmbH & Co.KG.

Warningsih, Nining. 2006. Gambar dalam Pengajaran Bahasa Asing. Diambil tanggal 28 -11- 2011dari http//www.gambar dalam pengajaran bahasa asing.pdf.com .

Ghazali, Syukur. 2000. Pemerolehan dan Pengajaran Bahasa Kedua. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependudukan.

Achmadi, Muchsin. 1988. Materi Dasar Pengajaran Komposisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependudukan.

Schiffler. L. 1985. Interaktif Fremdspracheunterricht, Stuttgart: GmbH.Co.KE.




DOI: https://doi.org/10.21831/10.21831/TLv1i1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.