IMPLEMENTASI KODE ETIK JURNALISTIK PADA BERITA INFOTAINMENT DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Pemberitaan Kasus Prostitusi Online VA di Media Online Grid.ID Edisi Januari 2019)

Monica Yuliawati, Pratiwi Wahyu Widiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) implementasi Kode Etik Jurnalistik di media online Grid.ID pada pemberitaan kasus prostitusi online VA; 2) peran Grid.ID dalam industri bisnis Kompas Gramedia melalui penerapan Kode Etik Jurnalistik pada pemberitaan kasus prostitusi online VA; 3) fungsi media massa yang diterapkan oleh Grid.ID melalui penerapan Kode Etik Jurnalistik pada pemberitaan kasus prostitusi online VA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik filling system (sistem pengkategorian) sesuai dengan indikator Pasal Kode Etik Jurnalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Kode Etik Jurnalistik Pasal 3 belum sepenuhnya dilakukan oleh Grid.ID terutama pada kategori klarifikasi pernyataan antar narasumber dan keberimbangan berita. 2) Grid.ID menerapan Kode Etik Jurnalistik Pasal 4 di semua berita dan semua kategori indikator analisi dengan tidak adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Grid.ID. 3) Pada pemberitaan kasus prostitusi online VA, Grid.ID belum menerapkan Kode Etik Pasal 5 dalam pelanggaran menyebutkan identitas nama VA. 4) Grid.ID berada dalam industri bisnis Kompas Gramedia dengan memperhatikan traffic media yang berpengaruh pada penerapan Kode Etik Jurnalistik. 5) Sebagai sebuah media massa, Grid.ID melaksanakan fungsinya dalam memberikan informasi, mendidik, mempersuasi dan menyenangkan atau memuaskan kebutuhan komunikasi khalayak.

Kata kunci: Kode Etik Jurnalistik, berita infotainment, media online, Grid.ID,  prostitusi online


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i3.16308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats