PROSES PEMBELAJARAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF PEDAGOGI KRITIS.

Boy Adisakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Sanggar Anak Alam Yogyakarta yang berusaha mewujudkan kemanusiaan dilihat dari perspektif pedagogi kritis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehingga data jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data diperoleh lalu dilakukan triangulasi untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Sanggar Anak Alam tergolong sebagai sekolah alam yang menyelenggarakan pendidikan alternatif. Proses pembelajaran di Sanggar Anak Alam identik dengan proses pembelajaran Pedagogi kritis. Hal tersebut tampak dari yang pertama yaitu Sanggar Anak Alam melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip proses pembelajaran pedagogi kritis. Kedua, konsep pedagogi kritis seperti pembelajaran berbasis realitas dengan mengajak pebelajar untuk berperan aktif juga peneliti temukan dalam pembelajaran di Sanggar Anak Alam. Selain itu pembelajaran di Sanggar Anak Alam menekankan penggunaan dialog dan menghargai perbedaan individu. Namun Sanggar Anak Alam masih terbelenggu ideologi dominan karena masih mengacu pada kurikulum nasional dan mengupayakan ijasah formal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter