EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI KABUPATEN BANJARNEGARA

Mohamad Nur Prasetiyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2
Kandangwangi antara yang diajar dengan media video dan pembelajaran konvensional (2) keefektifan
penggunaan media video dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 kandangwangi. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimen dengan jenis pretest-posttest
control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Kandangwangi, sejumlah 40 orang
siswa kelas IVA dan kelas IVB. Analisa data dilakukan secara kuantitatif yakni menggunakan
perhitungan uji t-test. Semua hasil dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 15. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara yang diajar dengan menggunakan media
video dan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t posttest antar
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan perbedaan yang signifikan dengan perolehan thitung
4,591 lebih besar dari t-tabel 2,024. (2) Pembelajaran dengan media video lebih efektif daripada
model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA dengan bobot keefektifan 21,74%. Hal ini
ditunjukan dari Mean difference kelas eksperimen sebesar 71,25, lebih tinggi dari pada Mean difference
kelas kontrol sebesar 64.625

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter