PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOHESIVITAS GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) SE-KABUPATEN BANTUL

Irawati Firdaus

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Tingkat kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMPN Kabupaten Bantul, (2) Tingkat kohesivitas guru di SMPN Kabupaten Bantul, (3) Besarnya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kohesivitas guru di SMPN Kabupaten Bantul.
Penelitian ini mengambil lokasi di 24 SMPN Kabupaten Bantul dengan jumlah sampel 91 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Untuk validitas data menggunakan rumus korelasi product moment, selanjutnya reliabilitas data menggunakan teknik Croncbach’s Alpha. Adapun uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Untuk uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMPN Kabupaten Bantul memiliki tingkat persentase rata-rata pencapaian per indikator kepemimpinan transformasional mencapai 93% dan untuk kecenderungan kategorisasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah per individu berada pada kategori tinggi yaitu 94.5%. (2) Kohesivitas guru di SMPN Kabupaten Bantul memiliki persentase rata-rata pencapaian per indikator kepemimpinan transformasional mencapai 86% dan untuk kecenderungan kategorisasi kohesivitas guru per individu berada pada kategori tinggi yaitu 75,8% (3) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kohesivitas guru Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kabupaten Bantul memberikan sumbangan efektif sebesar 13,6% dan sisanya 86,4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.