HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL DALAM EKSTRAKURIKULER PLETON INTI DI SMA NEGERI 1 KALASAN

Afrilianingsih Afrilianingsih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan komunikasi dengan penerimaan sosial dalam ekstrakurikuler Pleton Inti di SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian adalah anggota ekstrakurikuler Pleton Inti di SMA Negeri 1 Kalasan yang terdiri dari 26 anggota siswa kelas XI dan 70 anggota siswa kelas X. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala keterampilan komunikasi dan skala peneriman sosial. Untuk mngetahui hubungan antara keterampilan komunikasi dengan penerimaan sosial digu nakan teknik korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan komunikasi dengan penerimaan sosial dalam ekstrakurikuler Pleton Inti di SMA Negeri 1 Kalasan yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,601 dan signifikansi sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 1%. Sumbangan efektif variabel keterampilan komunikasi terhadap variabel penerimaan sosial adalah 36,2 %.

Kata Kunci : keterampilan komunikasi, penerimaan sosial.

Abstract

This study aims to determine the relationship between communication skill and social acceptance in extracurricular Pleton Inti SMA Negeri 1 Kalasan. This study use quantitative approach to the type of correlation. Subjects in this study were student who join with extracurricular Pleton Inti SMA Negeri 1 Kalasan inside of 26 senior members from class XI and 70 junior members from class X. Sampling techniques in this research is stratified proportional random sampling. Data scale collection devicesare communication skill and social acceptance scale. The data analysis used to test the hypothesis is product moment correlation technique. The results of this study indicates that there is a positive and significant relationship between communication skill and social acceptance in extracurricular Pleton Inti SMA Negeri 1 Kalasan as indicated by the value of the correlation coefficient 0,601 and the value of significant is 0,000 on the significant level 1 %.  Effective contribution the variable communication skill to variable social acceptance is 36,2 %.

Keywords        : communication skill, social acceptance.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.