PENINGKATAN REGULASI EMOSI MELALUI METODE EXPRESSIVE WRITING PADA SISWA SMP

rohmah nurhuda

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode expressive writing dalam meningkatkan regulasi emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru Bimbingan dan Konseling melalui dua siklus penelitian tindakan. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala regulasi emosi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode expressive writing dapat meningkatkan regulasi emosi siswa dibuktikan dengan hasil rata-rata skor skala regulasi emosi saat pra tindakan sebesar 69,69, pada siklus I meningkat 91,60, dan pada siklus II meningkat menjadi 106,67. Hasil tersebut didukung dengan hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru diantaranya: siswa terlibat aktif dalam kegiatan pemberian tindakan, siswa mampu mengenal emosi, dan tidak malu untuk tampil di depan umum, siswa lebih memahami emosi yang dirasakannya, mengetahui strategi dalam mengurangi emosi negatif, mampu merespon dengan emosi yang tepat, dan mampu menyelesaikan masalah emosi.

 

Kata kunci: regulasi emosi, expressive writing

 

Abstract

The aims of this research is to know the use of expressive writing method to improve the emotion regulation on VIII grade student of State Junior High School 2 Yogyakarta. This research used classroom action methods which implemented collaboratively by guidance and counseling teachers through two action research cycles. The subjects are 30 students. Data collection methods used emotion regulation scale, observation and interview. The results indicate that expressive writing method can improve student’s emotion regulation which evidenced by the average score of emotion regulation scale. Start by 69,69 on pre-action, increased by 91,60 on cycle I and 106,67 on cycle II. The results also supported by observation and interview with students and teachers: students actively involved in activities of giving action, confident to appear in public, knowing strategies to reducing negative emotions, able to respond with the right emotions and solve related emotional problems.

 

Keywords: emotion regulation,  expressive writing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.