PENGARUH REGULASI EMOSI TERHADAP KEMATANGAN SOSIAL PADA MAHASISWA DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

Evi Nur Aini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi emosi terhadap kematangan sosial pada mahasiswa di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 167 mahasiswa. Alat pengumpul data berupa skala regulasi emosi dan kematangan sosial. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana pada uji hipotesis dengan nilai signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikansi antara regulasi emosi terhadap kematangan sosial pada mahasiswa dengan sumbangan efektif sebesar 41,4%, (2) regulasi emosi mayoritas pada kategori sedang yaitu 139 mahasiswa (83,2%), dan (3) kematangan sosial mayoritas pada kategori sedang yaitu 97 mahasiswa (58,1%). Persamaan garis regresinya adalah Y = 42,27 + 0,792X. Kesimpulannya regulasi emosi dapat memprediksi kematangan sosial pada mahasiswa.

 

Kata kunci: regulasi emosi, kematangan sosial

 

Abstract

The aim of this research is to know the influence of emotion regulation on social maturity of studens in Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta. This research used quantitative approach which the kind of research is causality connection. The population of this research is students in Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta. The sample is taken by using simple random sampling technique with 167 students. To collect the data, it uses emotion regulation scale and social maturity. In analyzing the data, it uses simple regression technique on hypothesis test with significant value 5 %. The results of this research are 1. There is positive influence and signification between emotion regulation onsocial maturity of the students with effective contribution by 41,4%, 2. The majority of emotion regulation is in medium category by the number of 139 students (83,2%), and 3. The majority of social maturity is in medium catogory by the number of 97 students (58,1%). The equation of regression line is Y =42,27+0,792 X. The conclusion is that emotion regulation can predict the social maturity of the students.

 

Keywords: emotion regulation, social maturity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.