HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI STATUS EKONOMI ORANG TUA SISWA DI SMP N 5 SLEMAN

Khusnul Maskanah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga dengan perilaku bullying ditinjau dari status ekonomi orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi pada Penelitian ini sebanyak 256 siswa meliputi siswa SMP kelas VII dan VIII. Sampel pada penelitian ini sebanyak 152 siswa dan ditentukan dengan stratified proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala likert dan angket dengan  reliabititas sebesar 0.909 untuk keharmonisan keluarga dan 0.871 untuk perilaku bullying. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang negatif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan perilaku bullying ditinjau dari status ekonomi orang tua. Besarnya hubungan dilihat dari nilai signifikansinya yang mana p=0.006<0.05, maka hipotesis diterima. Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan pada keharmonisan keluarga dengan perilaku bullying ditinjau dari status ekonomi orang tua rendah (r=-0.292 dan p=0.036<0.05), sedang (r=-0.378 dan p=0.010<0.05), tinggi (r=-0.402 dan p=0.008<0.05), dan sangat tinggi (r=-0.611 dan p=0.045<0.05).

Kata kunci: keharmonisan keluarga, status ekonomi orang tua, perilaku bullying    

Abstract

This research aimed to explore the relation between family harmoniousness with bullying conduct viewed from economic status of the middle scholar’s parent. This research used correlational quantitative approach. Population of this research were 256 students, who were class VII and VIII middle scholar students. Sample of the research were students and decided by stratified proportional random sampling. Instrument of this research used scale likert and questionnaire, with the reliability were 0.909 for family harmoniousness and 0.871 for bullying conduct. The result showed there’s negative and significant family harmoniousness with bullying conduct viewed from economic status of the middle scholar’s parent. The magnitude of the relation seen from the significant value which is p = 0.006 <0.05, then the hypothesis can be accepted. There’s negative and significant relation at the family harmoniousness with bullying conduct viewed from economic status of the middle scholar’s parent which is low (r = -0.292 and p = 0.036 <0.05), moderate (r = -0.378 and p = 0.010 <0.05), high (r = -0.402 and p = 0.008 <0.05), and very high (r = -0.611 and p = 0.045 <0.05).

Key word:  family harmoniousness, economic status of the parent, bullying conduct.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.