PENINGKATAN PERILAKU ALTRUISTIK MELALUI BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA BAKTI I SLEMAN

Dwi Atika Anastiani

Abstract


Abstrak

            Latar belakang penelitian adalah beberapa anak kurang menunjukkan perilaku altruistk. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan perilaku altruistik melalui bercerita pada anak Kelompok B TK Dharma Bakti I Sleman. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 tindakan. Subjek penelitian 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi check list dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan tindakan yaitu aspek empati, berbagi, dan membantu mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bercerita dapat meningkatkan perilaku altruistik. Setiap siklus terjadi peningkatan pada tiap aspek. Hasil wawancara dengan pendidik, bahwa anak lebih mau berempati, berbagi, dan membantu. Tahapan pelaksanaan bercerita yaitu: 1) menentukan tema cerita; 2) memberitahu judul cerita; 3) memperkenalkan tokoh cerita menggunakan alat peraga; 4) bercerita secara komunikatif, mengeksplorasi cerita menggunakan bahasa yang mudah dipahami, memperhatikan intonasi, mimik wajah, dan menekankan makna cerita; 5) anak menyimpulkan cerita; 6) memberikan pertanyaan kepada anak dan memberikan reward.

 

Kata kunci: perilaku altruistik, bercerita.

 

Abstract

Background knowldege of this research is some students who do not show the altruistic behaviour. This study was aimed to improve altruistic behavior of Group B students in  Dharma Bakti I Kindergarten, Sleman. The type of this research was action research using Kemmis and Mc Taggart model. The study was conducted in two cycles, each cycle consisted of two actions. The subjects were 23 students. Checklist observation and interviews were used as the data collection techniques. The data were analyze by the quantitative and qualitative. The indicators of success were empathy aspect, sharing, and helping, reach 75%. The result showed that storytelling could improve altruistic behaviour. There are some improvement in every aspect in each cycles. Interview results said that childrens were easier to empathy, sharing, and helping than before. Implementation in storytelling: 1) determines the theme 2) tells the title of the story, 3) introduces the characters in a story using properties 4)tells the story communicatively, develops the story 5) conclusion of the story, and 6)provides questions to the students and giving rewards.

 

Key words: altruistic behaviour, storytelling.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.