PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

Sayu Made Roswita Palupi

Abstract


Abstrak                                                                       

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pribadi di sekolah menengah atas negeri se-kabupaten Sleman. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survey. Data diperoleh dengan menggunakan angket terbuka didukung dengan data dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas negeri se-kabupaten Sleman yang berjumlah 42 subjek. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan pengkategorian dengan tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah.. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pribadi terkategori tinggi dengan persentase 86%. Dari data kualitatif dapat disimpulkan bahwa  dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling memiliki faktor pendukung seperti  pelaksana yang berkompeten, materi yang berdasarkan need assesment, metode serta media yang bervariasi, strategi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, dilakukan secara terjadwal dan insidental, ruang lingkup sesuai dengan bidang pribadi serta sarana dan prasarana yang memadai yang disediakan pihak sekolah, sedangkan faktor penghambat seperti keterbatasan waktu dalam menyiapkan media yang memadai serta tidak aktifnya guru bimbingan dan konseling dalam kegiatan organiasasi bimbingan dan konseling.

 

Kata kunci: pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pribadi

 

Abstract

This research is intended to describe the service implementation of personal guidance and counseling in the state senior high school in the district of Sleman. The research uses quantitative descriptive approach, a survey research. The data of the service implementation of personal guidance and counseling is gathered through distributing open questionnaire and supported by the use of observation guidelines. This research’s subject are 42 teachers of guidance and counseling in senior high schools in the district of Sleman. The validity test of the instrument uses content validity by expert judgment. The instrument reliability is measured by the alpha cronbach under reliability coefficient of 0.942. The results of the research shows that the service implementation of personal guidance and counseling services is high categorized by the percentage of 86%. From the qualitative data, it can be concluded that the services implementation of guidance and counseling have some supporting factors such as competent teachers, materials which based on need assessment, various methods and media, strategies that suit the need of the students, a regular schedule and incidental, the conformity of the scope to the private fields, and adequate infrastructure provided by the school. On the other hand, there also some inhibiting factors such as time constraints in preparing adequate media and the inactivity of the teachers of guidance and counseling in the organization’s activity of guidance and counseling.

 

Keywords: service implementation of personal guidance and counseling


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.