HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN STRATEGI COPING BERFOKUS MASALAH PADA SISWA SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Yuli Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan strategi coping berfokus masalah pada siswa kelas XII SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 555 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 227 siswa, pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala strategi coping berfokus masalah. Validitas skala diuji menggunkan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunkan alpha cronbach. Diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,942 dan skala strategi coping berfokus masalah sebesar 0,831. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari karl pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII SMK Negeri 3 Yogyakarta memiliki tingkat dukungan sosial orang tua pada kategori sedang sebanyak 158 siswa (69,6%) dan tingkat strategi coping berfokus masalah pada kategori sedang sebanyak 176 siswa (77,5%). Ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan strategi coping berfokus masalah pada siswa kelas XII SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan nilai koefisen korelasi sebesar 0,615. Semakin tinggi dukungan sosial orang tua, maka semakin tinggi pula strategi coping berfokus masalah kelas XII SMK Negeri 3 Yogyakarta, dan sebaliknya. Diketahui nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,378. Artinya bahwa variabel dukungan sosial orang tua memberikan kontribusi pada strategi coping berfokus masalah sebesar 37,8%, sedangkan 62,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Kata Kunci: Dukungan Sosial Orang Tua, Strategi Coping Berfokus Masalah

Abstract

This study aims to determine the relationship of social support parents with coping strategies focused on the problem class XII student of SMK Negeri 3 Yogyakarta.This study uses a quantitative approach to the type of correlation. The population in this study were students of class XII SMK Negeri 3 Yogyakarta totaling 555 students. The sample in this study were 227 students, the sampling using proportional random sampling. The data were obtained using parental social support scale and the scale of the problem-focused coping strategies. Validity of the scale was tested using the formula of product moment and reliability testing using the Cronbach alpha. Obtained the reliability coefficient of 0.942 and the scale of the problem-focused coping strategies at 0.831. Data analysis using product moment correlation technique from Karl Pearson.
            The results showed that the students of class XII SMK Negeri 3 Yogyakarta has a level of social support parents in the category as many as 158 students (69.6%) and the rate of problem-focused coping strategies in the category as many as 176 students (77.5%). There is a positive and significant relationship between social support of parents with coping strategies focused on the problem class XII student of SMK Negeri 3 Yogyakarta with the value of the correlation coefficient of 0.615. The higher the social support of parents, the higher the grade problem-focused coping strategies XII SMK Negeri 3 Yogyakarta, and vice versa. Unknown value of the coefficient of determination (R Square) of 0.378. It means that the variables of social support parents contribute to the problem-focused coping strategies amounted to 37.8%, while 62.2% are influenced by other factors.

Keywords: parental social support, problem-focused coping strategies


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.