PROBLEMATIKA DAN STRATEGI COPING MAHASISWA BIDIKMISI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Syahdat Arsal Gumilang

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problem apa saja yang dialami mahasiswa bidikmisi selama menghadapi studi dan kehidupannya selama masa studi, juga untuk mengidentifikasi sejauh apa strategi coping yang mereka lakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang berjumlah 80 mahasiswa 3 angkatan dan 8 jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem yang dialami mahasiswa bidikmisi termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan terdapat 58.75% mahasiswa bidikmisi termasuk dalam kategori tinggi, 41.25% mahasiswa dalam kategori sedang, dan tidak ada mahasiswa yang termasuk dalam kategori rendah. Data lain menunjukkan bahwa coping yang diterapkan oleh mahasiswa bidikmisi adalah sebagai berikut 42.5% mahasiswa memiliki tingkat coping problem sedang, 57.5% mahasiswa bidikmisi memiliki tingkat coping problem tinggi, dan tidak ada mahasiswa yang termasuk dalam tingkat coping problem rendah. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan mahasiswa bidikmisi FIP UNY, rata-rata memiliki coping problem sedang.
Kata kunci: problem, strategi coping, mahasiswa bidikmisi
Abstract
This study aims to identify the problems experienced anything bidikmisi students for facing the study and life during the study period, as well as to identify coping strategies as far as what they do. This research is quantitative descriptive research subjects totaling 80 students three forces and eight majors in the Faculty of Education, University of Yogyakarta using stratified random sampling technique. The technique of collecting data using questionnaires, observation, interviews and analysis of quantitative data using descriptive. The results showed that the problems experienced by students bidikmisi included in the high category. It was show there bidikmisi 58.75% of students in the high category, 41.25% of the students in the medium category, and no students were included in the low category. Other data showed that coping applied by students bidikmisi are as follows 42.5% of students had problems coping moderate level, 57.5% of students bidikmisi have high levels of coping problems, and no students were included in the lower levels of coping problems. Based on these results, we can conclude bidikmisi FIP UNY students, on average, have a problem coping with being.
Keywords: problem, coping strategy, bidikmisi students
PENDAHULUAN
Banyak hal terkait dengan pendidikan di negeri Indonesia ini, salah contohnya seperti sistem, kebijakan, pelayanan, beasiswa, dan lain sebagainya tetapi yang paling pelik adalah problem biaya, yang secara halus dan nyata menyiratkan kenyataan bahwa hanya orang mampu saja yang bias mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi
Dari pernyataan di atas dapat dipahami bahwa dunia pendidikan merupakan salah satu hal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.