PERBEDAAN STRES BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI SMA KABUPATEN KLATEN

Fitria Kurniawati

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stres belajar siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan 2013 di SMA Kabupaten Klaten dan untuk mengetahui perbedaan stres belajar siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Bayat berjumlah 144 siswa dan siswa kelas X dan XI SMA N 1 Cawas berjumlah 248 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan checklist stres belajar. Uji validitas menggunakan expert jugdement, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai koefisien sebesar 0,805. Analisis data menggunakan teknik uji-t dengan Mann Whitney U . Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 mempunyai kecenderungan stres belajar rendah. Hasil analisis data dengan uji t angka signifikansi 0,528 atau p>0,05 menunjukkan tidak adanya perbedaan stres belajar siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.
Kata Kunci: stres belajar, siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006, siswa dengan pembelajaran kuirkulum 2013
Abstract
This research is intended to find out the illustration of students stress on learning with teaching curriculum 2006 and 2013 at SMA Kabupaten Klaten and to find out the differences of students stress on learning with teaching curriculum 2006 and curriculum 2013 at SMA Kabupaten Klaten. This research uses quantitative method with comparison research. Subject in this research were student class X and class XI at SMA N 1 Bayat was 144 student and student class X and XI at SMA N 1 Cawas was 248 student. The sampling technique used was the cluster random sampling. Checklist on learning stress used to collect the data. The validity test of the instrument is using expert, while reliability using Alpha Cronbach coefficient of 0,805. on the value of empathy scale and 0,910 on social acceptance. The data analysis used uji-t with Mann Whitney U test. The result of the research show that commonly student with teaching curiculum 2006 and curiculum 2013 have low stress preference on learning. The result of data analysis used uji t significance numeral 0,528 or p value >0,05show that there is no defference of student stress on learning with teaching curriculum 2006 and curriculum 2013.
Keyword: stress on learning, students with teaching curriculum 2006, students with teaching curriculum 2013


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.