HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP PIRI NGAGLIK TAHUN AJARAN 2014/2015

Wahyu Hidayat

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan penerimaan sosial siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik. Penelitian merupakan penelitian dengan jenis korelasional. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 65 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kematangan emosi dan skala penerimaan sosial. Analisis data dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kematangan emosi dengan penerimaan sosial siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik dengan koefisien korelasi sebesar 0,509 dengan (p<0,05.) Tanda positif menunjukkan bahwa semakin tinggi kematangan emosi siswa, maka semakin tinggi penerimaan sosialnya, dan semakin rendah kematangan emosi siswa maka semakin rendah penerimaan sosialnya. Berdasarkan perhitungan dapat ditunjukkan bahwa sumbangan efektif kematangan emosi terhadap penerimaan sosial adalah sebesar 25,9% sedangkan sumbangan sebesar 74,1 % berasal dari faktor lain.
Kata kunci: kematangan emosi, penerimaan sosial
Abstract
The purpose of the research was to identify the correlation between emotional maturity and social acceptance on 7th grade students of Junior High School PIRI Ngaglik. This research was a correlational research. The subjects of the research were 7h grade students of Junior High School PIRI Ngaglik at 2014/2014 period, they were 65 students. Samples was taken by random sampling technique. This research used two scale of data collection technique, they were emotional maturity scale and social acceptance scale. Data was analyzed by product moment correlation. The result of the research discovered that there was a positive correlation between emotional maturity and social acceptance on 7th grade students of Junior High School PIRI Ngaglik which had correlated coefficient about 0.509 and (p<0,05). It meaned that if emotional maturity increase, social acceptance will be increase too, and if emotional maturity decrease, social acceptance will be decrease too. Based on this result, emotional maturity gave influence to social acceptance about 25,9% while the number of 74,1% gotten from the other factors.
Keywords: emotional maturity, social acceptance

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.