MENGURANGI PERILAKU BULLYING MELALUI METODE ROLE- PLAYING PADA SISWA KELAS VIII D DI SMP N 1 TEMPEL

Hendra Krisnadi Darmawan

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku bullying di SMP N 1 TEMPEL kelas VIII D melalui metode bermain peran (role playing).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), atau CAR (Classroom Action
Research). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Tempel.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas
VIII D SMP N 1 Tempel yang terdiri dari 31 siswa. penelitian ini hanya terdiri dari satu siklus dengan desain perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala tertutup. Uji coba instrumen menggunakan Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Product Moment dari Karl Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha dari Chornbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitaf.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik bermain peran dapat mengurangi perilaku bullying pada siswa kelas VIII D di SMP N 1 Tempel Sleman Yogyakarta. Perilaku bullying sebelum diberikan treatment sebagian besar dalam kategori sedang. Setelah diberikan treatment menggunakan metode role playing terjadi kesadaran pelaku dapat menurunkan/ mengurangi perilaku bullying. Selain itu terdapat peningkatan empati dari saksi prilaku bullying sehingga dapat menekan perilaku bullying. Hal ini ditunjukkan skor rata-rata (mean) yang dicapai siswa mengalami penurunan pada pelaku bullying pada awalnya 17,41 menjadi 12,72, pada korban bullyingd ari 19,69 menjadi 15,00 dan sebagai saksi bullying dari 4,34 menjadi 3,14. Selain itu, persentase penurunan perilaku bullying pada pelaku bullying mengalami penurunan sebesar 25,3%, pada korban bullying mengalami penurunan sebesar 22,7% dan saksi bullying mengalami penurunan sebesar 29,9%. Kategorisasi pada pra siklus dan siklus I juga mengalami penurunan perilaku bullying seluruhnya menjadi kategori rendah.Oleh karena itu, berdasarkan hasil interpretasi skala, hasil observasi, dan hasil wawancaraguru BK sebagai fasilitator dan peneliti menentukan untuk tidak melanjutkan pada siklus II.
Kata kunci : perilaku Bullying, Metode Role playing
ABSTRAK
This research aims to reduce bullying behaviour in the SMP N 1 Tempel the class
VIII D through the method of role-playing.
This research is a type of Classroom Action Researc (CAR). This research was carried out in the SMP N 1 Tempel. This research conducted on grade VIII D SMP N 1
Tempel that include 31 students. This research consists of only one cycle with the design of planning, action, observation and reflection. Engineering data collection using the enclosed scale. Instrumental test was using validity test that use Product-Moment Correlation Coefficient from Karl Pearson and the reliability test using the Alpha formula from Chornbach. Analytical technique-based data was using a quantity descriptive analysis.
Based on data obtained from the results of analysis carried out, it can be drawn the conclusion that the role-playing techniques can reduce bullying behaviors in students of class VIII D in SMP N 1 Tempel Sleman Yogyakarta. Bullying behavior before treatment is given mostly in the medium category. After being given treatment method using role-playing, the perpetrators are able to reduce bullying behaviours. In addition, there is a growing empathy 

from witnesses of bullying behavior so it can suppress the bullying behavior. This is shown based on the average numbers (mean) that reached experience a decrease in bullying 17,41 to
12,72, and on the victims the numbers decreased from 19,69 to 15,00 and on the witnesses
4,34 to 3,14. In addition, the percentage on bullying behavior on the perpetrators decreased by 25,3%, on the victims it decreased by 22,7% and on the witnesses it decreased by 29,9%. Categorization on pre cycle and cycle I also experienced a decreasing in bullying behavior that is entirely became low category. Therefore, based on the interpretation of the results of observation, the scale, and the results of interview with BK teachers as facilitators and researchers determine not to continue to cycle II.
Keywords : role-playing methods, bullying behavior


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.