KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PENYANDANG TUNANETRA (Studi pada Mahasiswa Tunanetra Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta)

Riska Nurwijayanti Rahma

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan kesejahteraan psikologis penyandang tunanetra dewasa awal yang tengah menempuh pendidikan tinggi di FIP UNY. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologis. Setting penelitian dilaksanakan di FIP UNY. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang dengan kriteria mengalami tunanetra buta total tidak sejak lahir, berusia 20 -25 tahun dan merupakan mahasiswa FIP UNY serta 3 orang key informant yang merupakan sahabat dan kekasih subjek. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis pada ketiga subjek dilihat daari masing-masing dimensi yaitu: 1) penerimaan diri, ketiga subjek telah menerima kondisi ketunanetraannya 2) tujuan hidup, pemaknaan positif dari ketunanetraan yang dialami ketiga subjek menumbuhkan motivasi untuk mencapai tujuan atau cita-cita 3) pertumbuhan diri pada ketiga subjek terbentuk melalui pengembangan potensi-potensi yang dimiliki dan terbuka terhadap hal-hal baru 4) otonomi, kemandirian pada ketiga subjek terlihat dari aktivitas sehari-hari yang dilakukan secara mandiri dan pengambilan keputusan yang tidak banyak bergantung dengan orang lain 5) penguasaan lingkungan, kesulitan dalam hal mobilitas dialami oleh ketiga subjek namun tetap dilakukan upaya agar dapat menguasai lingkungan yaitu dengan cara memanfaatkan sumber-sumber peluang di lingkungan dan 6) hubungan positif dengan orang lain pada ketiga subjek terlihat dari kedekatannya dengan keluarga, teman sesama tunanetra dan teman awas.
Kata kunci: kesejahteraan psikologis, mahasiswa tunanetra
Abstract
This research aims to analyze and decription of psychological well-being of early adult study in college FIP UNY. This study used a qualitative approach with phenomenological type. The research setting was carried out in FIP UNY. Research informant consisted of three people of FIP UNY student who are not totally blind since birth, age of 20-25 years old, and three of key informant. Data collection method used in depth interview and observations. Data validity used triangulation technique and source. Data analysis technique in this study refers to an interactive model by Milles & Huberman which consist of four stage is data collection, reduction, data display and conclusion. The result showed psychological well-being on three of subjects in each dimensions are: 1)self acceptance, three subjects had accepted condition of blindness 2) purpose in life,positive meaning of the three subject experienced blindess motivation to achieve the goals 3) personal growth, personal growth on three subjects formed from the development of potential and opened with new experience 4)autonomy, the autonomy of three subject seen from daily activity and decision making independently and not rely on others 5) envoronmental mastery,three subject experienced difficulties in mobility but still made an effort in order to master the environment by harnessing the opportunities that exist in the enviroment and 6) positive relations with other on three subject seen from intimacy with family, blinds friends and friends with normal vision.
Keywords: psychological well-being, blind students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.