PENGARUH PENERIMAAN DIRI REMAJA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TURI

Rudi Pramoko

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh penerimaan diri remaja terhadap perilaku bullying pada siswa SMP Negeri 1 Turi.  Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis kausal.  Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik random sampling dengan jumlah subjek sebanyak 32 orang. Alat pengumpulan data berupa skala penerimaan diri dan skala perilaku bullying. Uji Validitas instrument menggunakan validitas isi dengan expert judgment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach formula, dan diperoleh nilai koefisien α (0,96) pada instrumen penerimaan diri serta (0,95) pada perilaku bullying. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan: (1) Penerimaan diri remaja pada siswa SMP Negeri 1 Turi sebesar 40,62% berada pada kategori rendah; (2) Perilaku bullying pada remaja siswa SMP Negeri 1 Turi sebesar 34,37% berada pada kategori sedang atau cukup. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan variabel penerimaan diri terhadap perilaku bullying dengan nilai p (0,000) < 0,05. Dengan demikian variable penerimaan diri dapat memprediksikan perilaku bullying pada remaja siswa SMP Negeri 1 Turi. Terdapat sumbangan efektif penerimaan diri terhadap perilaku bullying sebesar 43,7%.

Kata kunci: penerimaan diri, bullying, remaja siswa SMP

 

ABSTRACT

          This study aimed to describe the influence of adolescent self-acceptance towards bullying behavior in students of SMP Negeri 1 Turi. The approach of this study applied the causal quantitative research. The selection of research subjects used random sampling techniques with a total of 32 subjects. Self-acceptance scale and bullying behavior scale were utilised as data collection tools. Test validity instrument used content validity with expert judgment, while reliability was calculated using the Alpha Cronbach formula, and the coefficient value α (0.96) was obtained on the instrument of self-acceptance and (0.95) on bullying behavior. Data analysis in this study used a simple regression test. The result of the study indicated that (1) the adolescents' self-acceptance in SMP Negeri 1 Turi students was in the low category (40.62%), (2) the bullying behavior in SMP Negeri 1 Turi students was in the moderate or sufficient category (34.37%), and (3) there was a positive and significant influence on the self-acceptance variable on bullying behavior with a value of p (0,000) < 0.05. Thus, the self-acceptance variable was able to predict bullying behavior in adolescent students of SMP Negeri 1 Turi. There was an effective contribution of self-acceptance towards bullying behavior by 43.7%.

 

Keywords: self-acceptance, bullying, adolescent studen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.