PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR BERBASIS KOMPUTER TENTANG STRATEGI MENGATASI KECEMASAN AKADEMIK MENGHADAPI UJIAN

Arif Budi Prasetya

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk yang berguna untuk layanan bimbingan dan konseling. Produk berupa media bimbingan belajar berbasis komputer tentang strategi mengatasi kecemasan akademi menghadapi ujian di SMP Negeri 1 Banguntapan.  Model penelitian menggunakan pendekatan model Research and Development Borg and Gall. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan. Data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan berasal dari angket yang sudah diberikan pada saat uji coba awal (validasi ahli), uji coba lapangan utama dengan subyek 8 siswa, dan uji coba lapangan operasional dengan subyek 28 siswa. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan teknik deskriptif dan data kualitatif. Hasil dari angket diubah menjadi data kuantitatif dan diklasifikasikan dalam 4 interval. Hasil penelitian pengembangan yaitu menghasilkan produk berupa Media Bimbingan Belajar Berbasis Komputer tentang Strategi mengatasi Kecemasan Akademik Menghadapi Ujian. Persentase yang diperoleh yaitu 83% dengan kategori sangat baik, hal tersebut berarti media yang dihasilkan layak.

 

Kata kunci: media, kecemasan akademik, siswa SMP

 

Abstract

The purpose of this research is to produce a product to help guidance and counseling service. The Pproduct is a computer-based tutoring media about coping anxiety strategies facing exams at Banguntapan 1 Junior High School. The research model used is Research and Development approach Borg and Gall. Subject in this study were  student of class VII Banguntapan 1 Junior High School. Data is obtained in the development study came from a questionnare that had been given during the initial test (expert validation), field trials with the subject of 8 students, and operational field trials with the subjects of 28 students. Data analysis techniques obtained using descriptive techniques and qualitative data. The results of the questionnaire are converted into quantitative data and classifield in 4 intervals. The result of this development research is to produce products in the form of Media Computer based Learning Guidance on Strategies to Overcome Academic Anxiety Facing Exam with precentage of 83% with very good category. It means the media is feasible and accountable.

 

Keywords: media, academic anxiety, student JHS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.