PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LAYANAN INFORMASI KARIR BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BELIK

Nadya Elga Usfitia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak dan dapat digunakan sebagai layanan informasi karir yang sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas XI SMAN 1 Belik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif layanan informasi karir  layak digunakan bagi siswa kelas XI sekolah menengah atas. Penilaian kelayakan multimedia dengan rentang skor satu sampai dengan lima. Kelayakan media dibuktikan melalui uji validasi oleh ahli materi dengan skor akhir rata-rata 4, uji validasi oleh ahli media dengan skor akhir rata-rata 4 dan oleh guru bimbingan konseling dengan skor akhir rata-rata 4,57. Penilaian kelayakan media juga diperkuat dengan hasil uji coba lapangan awal dengan skor akhir rata-rata 4,26. Hasil uji coba lapangan utama dengan skor rata-rata 3,57 serta uji lapangan operasional dengan skor rata-rata 3,76.

 

Kata kunci: multimedia interaktif, informasi karir

 

Abstract

This study was aimed at gaining a proper interactive multimedia which was able to be used as a career information service regarding to the needs of SHS students. This study belonged to R&D study which used Borg & Gall’s development model. The participants of the study were 33 students’ of SHS 1 Belik. The data collection used in this study were questionnaire and observation. The researcher used qualitative and quantitative method for analyzing the data. The result of the study showed that career information service interactive multimedia was proper to be used for 11th grade students. Assessment of multimedia viability with score range of one to five. The properness of the media was proven through validation test of specialist material with average total score 4, validation test of specialist media with the average total score 4 and by the counseling teacher with the average total score 4,57. The assessment of properness media was also supported by the early field experiment with the average total score 4, 26. Main field experiment with the average 3, 57 and operational field experiment with the average 3, 76.

 

Keywords: interactive multimedia, career information.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.