PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PANEL HUBUNG BAGI LISTRIK PADA MATA PELAJARAN PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK TENAGA DEVELOPMENT OF

Eko Yulianto

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian pengembangan adalah: (1) Media pembelajaran Panel Hubung Bagi listrik yang tepat pada mata pelajaran Pemasangan Instalasi Listrik Tenaga. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Panel Hubung Bagi listrik pada mata pelajaran Pemasangan Instalasi Listrik Tenaga. (3) Mengetahui respon ketertarikan siswa tentang media pembelajaran Panel Hubung Bagi listrik pada mata pelajaran Pemasangan Instalasi Listrik Tenaga. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert empat jawaban. Kelayakan media pembelajaran Panel Hubung Bagi ditunjukkan oleh penilaian ahli media, materi serta hasil dari uji empiris. Ahli media kategori sangat layak dengan prosentasi kelayakan 88%. Ahli materi kategori sangat layak prosentasi kelayakan 85%. Uji terbatas kategori sangat layak prosentasi kelayakan 84%. Media pembelajaran Panel Hubung Bagi dinilai berdasarkan angket yang diisi 12 siswa, unjuk empiris media pembelajaran memperoleh kategori layak prosentasi kelayakan 68%. Berdasarkan uji coba empiris terhadap 12 siswa, media pembelajaran Panel Hubung Bagi Layak dijadikan sebagai media pembelajaran Panel Hubung Bagi pada mata pelajaran Pemasangan Instalasi Tenaga Listrik.

 

Kata Kunci: Research and Development (R&D), Pengembangan Media pembelajaran, Panel Hubung Bagi


Full Text:

PDF 76-82


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i4.5712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro