EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR

Anggriawan Giri Agrinta , Sunaryo Soenarto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan capaian kompetensi ranah kognitif,  afektif dan psikomotorik siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan simulasi komputer dengan pembelajaran berbantuan trainer elektronika pada topik macam-macam gerbang logika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang menggunakan teknik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan capaian kompetensi ranah kognitif, antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan simulasi komputer (= 71,8) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan traier elektronika ( 68,0) dengan thitung < ttabel (1,008 > 2,074) pada taraf signifikansi 0,05, pada ranah afektif terdapat perbedaan  antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbantuan simulasi komputer (= 76,6) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan trainer elektronika (=  71,8) dengan thitung > ttabel (2,609 > 2,074) pada taraf signifikansi 0,05 dan terdapat perbedaan capaian kompetensi ranah psikomotorik, antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbantuan simulasi komputer (= 83,6) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan trainer elektronika (=  71,9) dengan thitung > ttabel (2,376 > 2,074) pada taraf signifikansi 0,05.

 

Kata kunci : kompetensi, ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotorik, simulasi komputer, elektronika dasar, kuasi eksperimen.

 

Abstract

This research aims to know the difference of students competency achievement of cognitive, affective and psychomotor domains who followed computer-assisted simulation learning from instruction of electronics trainer on various topic of basic gates of a logic circuit. This research is a quasi-experimental from nondesign-equivalent control group design. Descriptive analysis technique and t-test were used as data analysis technique. The results showed that there was no difference in competency achievement of cognitive domain among students who followed computer-aided simulation learning model (= 71.8) from students who followed the electronic trainer-assisted learning model ( 68.0) on basic gates of the logic circuit topic, tcount < ttable(1.008 > 2.074) at the 0.05 significance level, on the competency achievement of affective domain there is a difference between the students who followed the computer-aided simulation learning model (= 76.6) from the students who followed the electronic trainer-assisted learning model (= 71.8) on basic gates of the logic circuit topic, tcount > ttable (2.609 > 2.074) at the 0.05 significance level and there is a difference on the competency achievement of psychomotor domain among students who followed computer-assisted simulation learning model (= 83.6)  from students who followed the electronic trainer-assisted learning model (=  71.9)  on basic gates of the logic circuit topic, tcount > ttable (2.376 > 2.074) at a 0.05 significance level.


Key words: competence, cognitive domain, affective domain, psychomotor domain, computer simulation, basic electronics, quasi experiment


 


Full Text:

PDF 194-203


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i3.12957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro