PERANAN INDUSTRI KERAJINAN KULIT TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI DUSUN MANDING, DESA SABDODADI, KECAMATAN BANTUL, KABUPATEN BANTUL

Maleo Tri Iriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peranan industri kerajinan kulit terhadap pendapatan rumah tangga pengrajin di Dusun Manding Desa Sabdodadi Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. 2) Peranan industri kerajinan kulit terhadap penyerapan tenaga kerja di Dusun Manding Desa Sabdodadi Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah tenaga kerja yang bekerja pada industri kerajinan kulit di Dusun Manding Desa Sabdodadi Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul sebanyak 325 orang. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 76 orang. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan tabel frekuensi dan tabulasi silang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa: 1). Peranan industri kerajinan kulit terhadap pendapatan rumah tangga di Dusun Manding Desa Sabdodadi Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul sebesar 55,61 %. Dimana jumlah keseluruhan pendapatan rumah tangga dari industri kerajinan kulit sebesar Rp 82.500.000,00 dan total pendapatan rumah tangga dari pendapatan kerajinan kulit dan pendapatan lain-lain sebesar Rp 148.350.000,00. 2). Peranan industri kerajinan kulit terhadap penyerapan tenaga kerja di Dusun Manding Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul sebesar 51,39 %. Dimana jumlah angkatan kerja yang bekerja di industri kerajinan kulit sebanyak 573 orang (325 orang tenaga kerja yang bekerja di industri kerajinan kulit dan mampu melibatkan tenaga kerja rumah tangga sebanyak 248 orang). Sedangkan jumlah angkatan kerja di Dusun Manding sebanyak 1.115 orang. 

 


Keywords


Industri Kerajinan Kulit; Pendapatan Rumah Tangga; Penyerapan Tenaga Kerja.

Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. (2012). Modul Pelatihan SPSS. Diktat: UNY.

Arfida. (2003). Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

BPS. Indonesia. (2015). Profil Industri dan Pendapatan Rumah Tangga: diakses melalui (www.bps.go.id pada tanggal 4 Januari 2017)

BPS. Provinsi DIY. (2015). PDRB atas dasar harga konstan tahun 2009-2014: diakses melalui (www.bps.go.id.pada tanggal 4 Januari 2017)

Hadari Nawawi. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kusnedi. (2003). Ekonomi Sumber Daya Alam dan Manusia. Jakarta: Universitas Terbuka.

M. Tohar. (2000). Membuka usaha kecil. Yogyakarta: Kanisius.

Riduwan, Engkos Achmad Kuncoro. (2012). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Rochana. 2013. Peranan Industri Kerajinan Serat Alam terhadap Pendapatan Keluarga dan Penyerapan Tenaga Kerja di Desa Manding Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadono Sukirno. (2010). Makro Ekonomi Modern. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sarmini. (2003). Ekonomi Moral Rasional dan Politik dalam Industri Kecil di Jawa. Yogyakarta: KEPEL Press.

Soediyono. (1998). Ekonomi Makro Pengantar Analisa Pendapatan Nasional Edisi Revisi. Yogyakarta: Liberty.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

T. Gilarso. (2002). Pengantar Ilmu Ekonomi Bagian Makro. Jakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International