ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN PADA RESTORAN BERSERTIFIKAT HALAL MUI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018 (Studi Kasus: Konsumen Waroeng Steak and Shake, Gudeg Yu Djum, Bakso Betesda 74)

Amarinda Napitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara label halal dengan minat beli konsumen pada restoran bersertifikat halal MUI di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2018 (studi kasus: konsumen Waroeng Steak and Shake, Gudeg Yu Djum, Bakso Bethesda 74).Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel adalah konsumen Waroeng Steak and Shake sebanyak 40 responden ,konsumen  Gudeg Yu Djum sebanyak 30 responden, dan konsumen Bakso Bethesda 74 sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan Cronbach’s Alpha. Metode analisis data menggunakan Korelasi Spearman Rank (Spearman Rank Correlation).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan positif signifikan antara variabel label halal dengan minat beli konsumen. Diketahui nilai signifikansi atau Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai Sig.(2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau 0,01 maka artinya ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel label halal dengan minat beli konsumen. Hasil perhitungan Spearman Rank Correlation diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,730. Hal ini menunjukan tingkat  kekuatan hubungan antara variabel label halal dengan variabel minat beli konsumen adalah sebesar 0,730 atau kuat. Angka koefisien korelasi bernilai positif, sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah, dengan demikian dapat diartikan bahwa bahwa jika nilai variabel label halal tinggi maka nilai variabel minat beli konsumen juga tinggi. Kecenderungan jawaban responden pada pernyataan variabel label halal dan minat beli terletak pada kategori sedang, karena frekuensi atau jumlah responden terbanyak menjawab pernyataan pada kategori sedang dan hasil perhitungan mean juga berada pada kategori sedang.

 


Keywords


Label Halal, Minat Beli Konsumen, Restoran Bersertifikat Halal MUI

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahannya. (2008). Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro. Amin, M. 2011. “Keharaman Babi yang Bersifat Mutlak”, LP POM MUI. “Jurnal Halal: Menentramkan Umat.” No. 88 Th. XIV, 2011, HLM.2 Anggaraeni, M. 2016. Pengaruh Persepsi Label Halal, Citra Merek (Brand Image), Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Minat Beli Ulang Produk (Studi Kasus Pada Restoran Solaria Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Arif, M.N.R dan Amalia, Euis. 2010. “Teori Mikro Ekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional”. Jakarta: Kencana. Asy-Sya’rawi, M. 1993. Hikmah Di Balik Yang Halal Dan Yang Haram. Solo: Pustaka Mantiq. Azhar, T.N. 2011. Mengapa Banyak Larangan? Hikmah dan Efek Pengharaman dalam Akidah, Ibadah, Akhlak, serta Makan-Minum. Solo: Tinta Medina. Azwar, S. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar Azwar, S. 2017. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Badan Pusat Statistik Yogyakarta. 2015. Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka. Yogyakarta, Oktober 2015 (Katalog BPS: 110.2001.34). Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Yogyakarta. Diambil pada tanggal 30 Oktober 2017, dari www.yogyakarta.bps.go.id Irwansyah, A. 2016. Pengaruh Label Halal Terhadap Pembelian Konsumen Muslim pada Restoran Cepat Saji di Kota Bogor. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor. Laksana, F. 2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu. LPPOM MUI Daerah Istimewa Yogyakarta. 2017. Daftar Produk Bersertifikat Halal. Yogyakarta: LPPOM MUI DIY. Diambil pada tanggal 30 Oktober 2017, dari www.halal-diy.org Riyadi, H., et al. 2015. Pengetahuan Layanan Makanan dan Minuman. Bandung: Alfabeta Rofikhoh, E., & Mutmainah. 2015 . Pengaruh Pemberian Label Halal dan Keyakinan Konsumen Terhadap Keputusan Konsumen Membeli di Restoran KFC Cabang Madiun. Ekomaks, 4 (2), 125-131. Sarwat, A. 2012. Seri Fiqih Kehidupan: Kuliner. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing Sugiyono. 2010. Stastistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta. Supranto, J. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga Top Brand Award. 2016. “Top Brand Index 2016 Fase 2”. Diambil pada tanggal 20 Mei 2018, dari www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2016_fase_2 Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Waskito, D. 2015. Pengaruh Sertifikat Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Yunuz, M., et al. (2014). Muslim‟s Purchase Intention Towards Non-Muslim‟s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social And Behavioral Sciences. 145 – 154.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International