PENGARUH HASIL BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PEJAGOAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Mei Indriani

Abstract


Pendidikan merupakan inventasi untuk masa depan yang lebih baik. Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan salah satu langkah meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar, motivasi berprestasi dan pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian menggunakan variabel independen (hasil belajar, motivasi berprestasi dan pendapatan orang tua) serta variabel dependen (minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 158 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 112 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heterosedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2 dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tidak berpengaruh sedangkan motivasi berprestasi dan pendapatan orang tua berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.


Keywords


Minat Melanjutkan Pendidikan, Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi dan Pendapatan Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Agustine, Felicia dan Rosinta Ria Panggabean (2012). Pengaruh Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran, Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi Pada SMK Bethel Jurusan Akuntansi Dan Administrasi Perkantoran. Journal. Jakarta. Bina Nusantara University Aryanto, E.A. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Siswa Kelas XI SMAN 1 Jogonalan untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Perguruan Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Kemenristekdikti. (2016). Buku Laporan Tahunan Kemenristekdikti 2016 diakses pada tanggal 8 Februari 2018 melalui https://ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2017/07/Buku-Laporan-Tahunan-2016.pdf Kohn, Alfie. 2011. The Case Against Grade. (Article). diakses pada tanggal 7 Mei 2018 melalui https://www.alfiekohn.org/article/case-grades/?print=pdf Nurtanto, M dkk. (2017). Faktor Pengaruh Minat Masuk Perguruan Tinggi Di SMK Serang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No. 1, Januari 2017, Hal : 13 Okioga C.K. (2013). Impact Of Students’ Socio-Economic Background On Academic Performance In Universities, A Case Of Students In Kisii University Collage. Kenya: Kisii University College (American International Jornal Of Social Science Vol 2. No. 2 Hal 38 Sarangi, C. (2015). Achievement Motivation Of The High School Students: A Case Study Among Different Communities Of Goalpara District Of Assam. Journal of Education and Practice Vol. 6, No.19 Hal 140 Sukmadinata, N.S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Umma, I’ana dan Margunani. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, dan Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Kelas XI IPS di SMA Negeri Sekecamatan Ngaliyan, Semarang. Journal. Semarang. Universitas Negeri Semaran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International