DAYA TERIMA KONSUMEN PADA BUSANA ANAK YANG DIHIASI DENGAN SMOCK JEPANG MENGGUNAKAN BAHAN KATUN IMA DAN MAXMARA

Tanti Dwi Ratna, Enny Zuhni Khayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui daya terima konsumen pada busana anak yang dihiasi dengan smock jepang menggunakan bahan katun ima, (2) Mengetahui daya terima konsumen pada busana anak yang dihiasi dengan smock jepang menggunakan bahan maxmara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dlakukan di Kwarasan Nogotirto Gamping Sleman DIY. Populasi penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang menjadi calon konsumen. Sampel yang diambil sebanyak 30 orang dengan kriteria ibu rumah tangga berusia 20-40 tahun dan mempunyai anak perempuan berusia 3-6 tahun yang ditentukan dengan teknik Sampling Purposive. Data dikumpulkan menggunakan anget dengan model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya terima konsumen pada busana anak yang dihiasi dengan smock jepang menggunakan bahan katun ima dan maxmara dilihat dari aspek (1) Daya terima konsumen pada busana anak yang dihiasi dengan smock jepang menggunakan bahan katun ima dilihat dari aspek hasil jadi busana anak termasuk dalam kategori tinggi (53,33%) dengan nilai rata-rata 31, dan aspek daya terima konsumen pada busana anak termasuk dalam kategori sangat tinggi (46,67%) dengan nilai rata-rata 12,555 (2) Daya terima konsumen pada busana anak yang dihiasi dengan smock jepang menggunakan bahan maxmara dilihat dari aspek hasil jadi busana anak termasuk dalam kategori sangat tinggi (66,67%) dengan nilai rata- rata 37,027, dan aspek daya terima konsumen pada busana anak termasuk dalam kategori sangat tinggi (63,33%) dengan nilai rata-rata 13,472.
Kata kunci : Daya terima Konsumen, Busana Anak, Smock Jepang



The research is intended to: (1) Find out the consumer acceptance of children's clothing decorated with Japanese smock using material cotton ima, (2) Find out the consumer acceptance of children's clothing decorated with Japanese smock using material maxmara. The research uses a quantitative descriptive method. This research was conducted in Kwarasan Nogotirto Gamping Sleman DIY. The population of this research is housewives who become potential consumers. Samples were taken as many as 30 people with the criteria of housewives aged 20-40 years and having daughters aged 3-6 years determined by thetechnique purposive sampling. Data were collected using anget with ascale model Likert. The data analysis technique used descriptive analysis with percentages. The research results indicates the aspect of children's clothing decorated with Japanese smock using material cotton ima and maxmara seen from aspects (1) Consumer acceptance of children's clothing decorated with Japanese smock using material cotton ima seen from the aspect of the finished children's clothing including in the high category (53.33%) with an average value of 31, and the aspect of consumer acceptance of children's clothing is included in the very high category (46.67%) with an average value of 12.555 (2) Consumer acceptance of children's clothing decorated with Japanese smock using material maxmara seen from the aspect of the finished children's clothing included in the very high category (66.67%) with an average value of 37,027, and the aspect of consumer acceptance of children's clothing was included in the very high category (63.33%) with an average value of 13,472.
Keywords : Consumer, Children's Clothing, Japanese Smock


Full Text:

PDF

References


Hasanah, Uswatun. 2011. Membuat Busana Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningrum, H.S.P. 2011. Tas Smock.

Surabaya:Tiara Aksa.

Suryani Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widjiningsih. 1982. Disain Hiasan Busana dan Lenan Rumah Tangga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i3.18125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi