PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN BATIK SASIRANGAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN ASPEK KERAJI

HUswatun Naufa, Kapti Asiatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembuatan Batik Sasirangan pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan aspek kerajinan SMP Negeri 5 Depok Sleman, (2) mengetahui kelayakan modul pembuatan Batik Sasirangan pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan aspek kerajinan. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjanov. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Uji validitas menggunakan konstruk dan uji reliabilitas instrumen menggunakan formula Kuder-Richardson-20 atau KR20. Teknik analisis data dengan analisis statistic deskriftif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Produk media modul pembuatan Batik Sasirangan berukukun A4, (2) Hasil validasi materi dan validasi media berdasarkan penilaian para ahli dinyatakan layak. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi memperoleh rerata skor 50, ahli media memperoleh rerata skor 60. Kelayakan media dari uji coba skala kecil memperoleh rerata skor 426 dan uji coba skala besar memperoleh rerata skor 1346 dengan nilai persentase 94% termasuk dalam kategori “layak”. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembuatan Batik Sasirangan dapat dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Kata kunci: pengembangan modul pembuatan batik sasirangan, dan kelayakan modul

 

This study aims to: (1) produce a module for making Batik Sasirangan in the subjects of craft and entrepreneurship in the craft aspect of SMP Negeri 5 Depok Sleman, (2) determine the feasibility of the module for making Batik Sasirangan in the subjects of crafts and entrepreneurship in the craft aspect. This research is a type of Research and Development (R&D) with development model Borg and Gall a simplified by the Puslitjanov Team. Data collection techniques using observation techniques, interviews and questionnaires. The validity test used constructs and the instrument reliability test used the Kuder-Richardson-20 or KR20 formula. Data analysis technique with descriptive statistical analysis. The results of this study are: (1) The media product of the Sasirangan Batik making module with A4 size, (2) The results of material validation and media validation based on expert assessments are declared feasible. Based on the assessment by the material expert, the media expert obtained an average score of 60. The media feasibility of the small-scale trial obtained an average score of 426 and the large-scale trial obtained an average score of 1346 with a percentage value of 94% included in the "adequate" category. This shows that the Sasirangan Batik making module can be declared worthy of being used as a learning medium.


Keywords: development of the sasirangan batik making module, and the feasibility of the module


Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Gustaning Guni., (2014). Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam- Macam Celana Pada Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK N 1 Jenar. Skripsi. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.

Kholis Noor. (2015). Kain Tardisional Sasirangan “Irma Sasirangan” Kampung Melayu Kalimantan Selatan. Skripsi. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.

Saifuddin Azwar. (2018). Reliabilitas dan Validitas. Anggota IKAPI: Pustaka Pelajar

Sewan Susanto. (1980). Seni Kerajinan Batik Indonesia.Balai Penelitian Batik dan Kerajinan:Lembaga Penelitian dan Pendidikan Industri Departemen Perindustrian R.I.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i3.18124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi