ANALISIS HAMBATAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN HIASAN BUSANA KELAS XI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA ANALYSIS OF LEARNING BARRIERS AMONG STUDENTS IN THE FASHION DECORATION MAKING STUDY AMONG GRADE XI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Indah Setyawati, Dra. Enny Zuhni Khayati M.Kes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor internal penghambat proses belajar peserta didik (2) faktor eksternal penghambat proses belajar peserta didik (3) presentase setiap faktor hambatan belajar yang dihadapi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dari penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas XI jurusan Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) faktor internal yang menyebabkan hambatan belajar merupakan faktor minat belajar dan faktor motivasi belajar; (2) faktor eksternal yang menyebabkan hambatan belajar merupakan faktor media pembelajaran dan faktor masyarakat; (3) ditinjau dari faktor internal indikator faktor minat belajar sebesar 14,09%, indikator faktor bakat sebesar 9,93%, indikator faktor motivasi belajar sebesar 14,5%, indikator faktor kesiapan sebesar 7,32%, ditinjau dari faktor eksternal indikator faktor metode pembelajaran sebesar 11%, indikator faktor relasi dengan guru sebesar 4,74%, indikator faktor media pembelajaran sebesar 18,21%, dan indikator faktor masyarakat sebesar 20,21%.
Kata kunci: hambatan belajar, pembuatan hiasan busana, SMK

This study that held in SMK Karya Rini Yogyakarta among Grade XI aims to find out: (1) the internal factors causing learning (2) the external factors causing their learning (3) percentages of every factor of learning barriers faced by students for attending Pattern Making. This research is a descriptive study with a quantitative approach. The population and sample of this study were all students of class XI studying Fashion Decoration at SMK Karya Rini Yogyakarta in the academic year 2020/2021, with a total amount of 10 children. The data collection technique used a questionnaire with a Likert scale. The data analysis technique used is descriptive with a percentage.The results showed that (1) internal factors that cause learning barriers are interest in learning and motivation to learn; (2) external factors that cause learning barriers are learning media and community factors; (3) in terms of internal factors, indicators of learning interest factors are 14.09%, indicators of talent factors are 9.93%, indicators of learning motivation factors are 14.5%, indicators of readiness factors are 7.32%, in terms of external factors indicators the learning method factor was 11%, the relationship factor indicator with the teacher was 4.74%, the learning media factor indicator was 18.21%, and the community factor indicator was 20.21%;
Keywords: learning barriers, fashion decorations making, VHS

 


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. (2013).

Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara

Kemenristekdikti (2015). Peraturan Pemerintah

Nomor 29 Tahun 1990

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi

Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i2.17248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1