PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SULAMAN SMOCK DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SMK N 1 KARANGANYAR THE IMPLEMENTATION OF SMOCK EMBROIDERY LEARNING WITH PROJECT BASED LEARNING IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL 1 OF KARANGANYAR

Intan Nur Fatimah, Dra. Enny Zuhni Khayati M.Kes

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran sulaman smock Jepang dengan model project
based learning di SMK N 1 Karanganyar dan pencapaian kompetensi siswa pada pelaksanaan pembelajaran sulaman
smock Jepang dengan model project based learning di SMK N 1 Karanganyar. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Tata busana SMK N 1 Karanganyar dengan teknik
proporsive sampling diperoleh sampel yaitu siswa XI Busana 2. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi,
angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dengan menggunakan judgmet Ekspert. Reliabilitas dibuktikan
dengan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian
adalah:(1)pelaksanaan pembelajaran pembuatan sulaman smock Jepang dengan model project based learning
terlaksana meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti ,dan penutup(2) angket pendapat siswa pada manfaat model
Project Based Learning pada kategori membantu siswa 51,4%, mempermudah pemahaman belajar siswa 62,8%,
memperjelas langkah praktek pembuatan sulaman smock Jepang 88,6%(3)pencapaian kompetensi siswa menunjukan
100 % tuntas KKM dengan rerata tercapai 85.15.
Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran, project based learning, pencapaian kompetensi

This study aims is knowing the implementation of Japanese smock embroidery learning with a project-based
learning model at VHS 1 Karanganyar, Central Java and the achievement of student competencies in the
implementation of Japanese smock embroidery learning with a project based learning model at VHS 1 Karanganyar,
This research is a descriptive study. The study population was all students of class XI Fashion design of VHS 1
Karanganyar with proportional sampling technique, obtained a sample of students XI Clothing 2. Collecting data
using observation sheets, questionnaires and documentation. Test the validity of the instrument using the Expert
judgment. Reliability was proven by the alpha cronbach formula. Data analysis used descriptive statistical analysis.
The results of the study were:(1)the implementation of learning to make Japanese smock embroidery with a project
based learning model was carried out including opening activities, core activities, and closing (2)questionnaire of
student opinions on benefits Project Based Learning model in the category of helping students 51.4%, facilitating
students' understanding of learning 62.8%, clarifying the practice steps of making Japanese smock embroidery
88.6%(3) the achievement of student competencies shows that 100% completed KKM with an average of 85,15.
keywords: implementation of learning, project based learning, competency achievement

 


Full Text:

PDF

References


Ana , Sunarsih dan Neni Rohaeni. (2013).

Pengembangan Tugas Akhir Melalui

Project Based Learning Model untuk

Menngkatkan Generic Green Skills Siswa

JPTK VOL 21, No 3.

Kemendikbud. (2015). Panduan Penilaian Pada

Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta:

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan

Menengah, Direktorat Pendidikan

Menengah Kejuruan.

Kemendikbud. (2018). Panduan Penilaian Hasil

Belajar dan Pengembangan Karakter Pada

Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta :

Kemendikbud.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik Penilaian

Hasil Belajar Peserta Didik Berdaskan

Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Mulyadi, Eko. (2015). Penerapan Model Project

Based Learning untuk Meningkatkan

Kinerja dan Prestasi Belajar Siswa SMK.

JPTK VOL2, No.4

Priansa, Donni juni. (2017). Pengembangan

Strategi dan Model Pembelajaran.

Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran

Inovatif Kontemporer : Suatu Tujuan

Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi

Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i1.17229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1