PENGEMBANGAN VIDEO SULAM PITA PADA PEMBELAJARAN MENGHIAS BUSANA DEVELOPMENT OF BANDBAND EMBROIDERY VIDEO ON LEARNING FASHION DECORATION

Riana Kusumawardhani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan vidio video pembeIajaran pembuatan suIam pita pada mata pelajaran hiasan busana. Prosedur pengembangan daIam peneIitian pengembangan media Video Pita SuIam pita untuk pembeIajaran hiasan busana di SMK N 1 Pengasih menggunakan Model 4D. Hasil penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran video pembuatan sulam pita berhasil dikembangkan melalui beberapa tahap ialah: a) Analisis (pendefinisian/define) dengan menganalisis kebutuhan. b) Desain (perancangan/design) ialah dimulai dari tahapan praproduksi, tahapan produksi dan tahapan pasca produksi. c) Implementasi (pengembangan/deveIop) ialah uji coba produk pada skala kecil dan skala besar. Video ini dianggap layak digunakan dengan hasil validasi dari ahli materi dan ahli menunjukkan bahwa video layak untuk digunakan dan hasil uji coba keIas keci dan kelas besar yang menunjukkan bahwa pada uji keIas kecil penilaian siswa ada pada kategori sangat baik dan saaat uji coba kelas besar penilaian siswa menunjukkan kategori baik.
Kata kunci: pengembangan vidio, sulam pita

The purpose of this research is to produce and determine the feasibility of teaching videos for making ribbon suIam in the subject of fashion decoration. The development procedure in the research on the development of video tape media for teaching clothes at SMK N 1 Pengasih using the 4D Model. The result of this research is that the development of video learning media for ribbon embroidery has been successfully developed through several stages, namely: a) Analysis (defining) by analyzing needs. b) Design (design / design) is starting from the preproduction stage, the production stage and the post-production stage. c) Implementation (development / deveIop) is testing products on a small and large scale. This video is considered suitable for use with the results of the validation from material experts and experts showing that the video is suitable for use and the results of the small class and large class trials which show that in the small grade test the student assessments are in the very good category and when the large class trial the student assessments indicates good category.
Keywords: video development, ribbon embroidery

 


Full Text:

PDF

References


Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Ramadhani, R. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Sulaman Bebas Pada Mata Pelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas IX SMPN 1 Sewon. Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 5(2).

Suyitno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Vidio Pada Motor Bakar 4 Langkah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 4(1), 19–34. accessed http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/download/4889/4491

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana: Indiana University.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i1.17226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1