EFEKTIVITAS JOB SHEET PEMASANGAN INVISIBLE ZIPPER UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN BELAHAN PADA GAUN PESTA SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA THE EFFECTIVENESS OF JOB SHEET FOR INVISIBLE ZIPPER SEWING IN ACHIEVING THE COMPETENCY OF MAKING PARTY DRESS CLEAVAGE FOR GRADE XI FASHION DESIGN STUDENTS AT STATE VOCATIONAL HIGH SCHOOL 6 YOGYAKARTA

Yohana Yohana, Sri Wening M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian hasil belajar kompetensi pembuatan belahan invisible zipper pada gaun pesta berfuring dengan menggunakan job sheet pemasangan invisible zipper untuk pakaian berfuring peserta didik Kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta dan, (2) efektivitas job sheet pemasangan invisible zipper untuk pakaian berfuring dalam pencapaian kompetensi pembuatan belahan invisible zipper pada gaun pesta berfuring peserta didik Kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 32 orang peserta didik, teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kompetensi pembuatan belahan invisible zipper pada gaun pesta berfuring dengan menggunakan job sheet pemasangan invisible zipper untuk pakaian berfuring terdapat 29 peserta didik (90,6%) telah mencapai KKM dan 3 peserta didik (9,4%) belum mencapai KKM; (a) aspek kognitif terdapat 27 peserta didik (84,4%) kompeten dan 5 peserta didik (15,6%) belum kompeten; (b) aspek psikomotor terdapat 28 peserta didik (87,5%) kompeten dan 4 peserta didik (12,5%) belum kompeten; (c) aspek afektif terdapat 29 peserta didik (90,6%) kompeten dan 3 peserta didik (9,4%) belum kompeten; (2) pembelajaran kompetensi pembuatan belahan invisible zipper pada gaun pesta berfuring dengan menggunakan job sheet pemasangan invisible zipper untuk pakaian berfuring telah memberikan pencapaian ketuntasan belajar peserta didik sebesar 90,6% atau lebih dari lebih dari 80% peserta didik mencapai nilai KKM yaitu 80.
Kata kunci: efektivitas, job sheet, pemasangan invisible zipper, gaun pesta berfuring.

This study aims to determine: (1) the achievement of learning outcomes on the competency of making invisible zipper cleavage on a lined party dress using job sheet, and (2) the effectiveness of job sheet for invisible zipper sewing to achieve the competency of making party dress cleavage for Grade XI students of Fashion Design Program at State Vocational High School 6 Yogyakarta. This was descriptive quantitative research with a sample of 32 students taken using a purposive sampling technique. The findings show that: (1) the 29 students’ competency achievements (90.6%) in making invisible zipper cleavage on a lined party dress using job sheet have reached the Minimum Completeness Criteria, and three students (9.4%) have not; (a) 27 students’ cognitive aspects (84.4%) are regarded as competent, and five students’ (15.6%) are not; (b) 28 students’ psychomotor aspects (87.5%) are considered competent, and four students’ (12.5%) are not; (c) for the affective aspects, 29 students (90.6%) are competent, and three students (9.4%) are not; (2) The learning of making invisible zipper cleavage on a lined party dress using job sheet has reached the Minimum Completeness Criteria (90.6%) or more than 80% of students have achieved the minimum score, i.e., 80.
Keywords: effectiveness, job sheet, installation of invisible zipper, fringed party dress.

 


Full Text:

PDF

References


Altman, D.G. (1991). Practical Statistics for Medical Research. Chapman & Hall. London. 285-288.

Aqsan, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi Berbasis Keterampilan ProsesSains Pada Kelas Xi Sma Negeri 1 Pangkep. Prosiding, Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, diselenggarakan tanggal 17 Oktober 2018. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwijanti. (2013). Dasar Teknologi Menjahit II. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ernawati, et al. (2008). Tata Busana Jilid 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research) (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: FKIP Universitas Jember.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 23 Tahun 2016, tentang Penilaian Hasil Belajar.

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha.

Rinartati, A. (2018). Pembuatan Busana Custom Made Kelas XII Tata Busana Semester 1 & 2. Surabaya: Centino.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana, N. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Widarto. (2013). Panduan Penyusunan Job sheet Mapel Produktif Pada SMK (online), dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-widarto-mpd/panduan-pengukuran-job sheet-mapel-produktif-pada-smk.pdf, diakses pada 1 Mei 2015.

Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar Kompetensi Peserta didik SMKN Program Keahlian Tata Busana Di Kota Yogyakarta dalam Pembelajaran dengan KBK. 16, 230.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i3.17221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1