PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN PEMBUATAN SARUNG BANTAL PATCHWORK BERBAHAN PERCA PADA WARGA BINAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN WIROGUNAN YOGYAKARTA IMPLEMENTATION OF PATCHWORK TRAINING PROGRAM MAKING OF PERCA MATERIAL IN THE DEVELOPMENT OF CITIZENS IN YOGYAKARTA WIROGUNAN INSTITUTION

Rokhmi Artha Nugraheni, Widihastuti Widihastuti, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, proses dan hasil pelaksanaan pelatihan pembuatan sarung bantal patchwork berbahan perca pada warga binaan lembaga permasyarakatan Wirogunan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga binaan di lembaga permasyarakatan Wirogunan Yogyakarta sejumlah 5 orang, selanjutnya dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen dinyatakan valid dan reliabel yang dibuktikan dengan validitas isi menggunakan expert judgment dan reliabilitas instrumen dengan inter-rater of agreement. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pelatihan ditinjau dari: 1) Aspek persiapan sebesar 80% (kategori baik); 2) Aspek proses sebesar 70% (kategori cukup); dan 3) Hasil pelatihan dari aspek persiapan peserta 60% dalam kategori sangat kompeten dan 40% kompeten. Sedangkan aspek proses pelaksanaan pelatihan sebanyak 20% dalam kategori sangat kompeten, 40% kompeten, dan 40% kurang kompeten. Dari aspek hasil pelatihan seluruhnya peserta dalam kategori kompeten.
Kata Kunci: program pelatihan, warga binaan, sarung bantal patchwork, bahan perca

This study aims to describe the preparation, process and results of the implementation of training in making patchwork patchwork pillowcases to residents of the Yogyakarta Wirogunan Penitentiary. This research is quantitative descriptive. The population in this study were 5 inmates in the Yogyakarta Wirogunan Penitentiary as many as 5 people, then used as a sample. Data collection techniques are observation, questionnaire and documentation. The instrument was declared valid and reliable as evidenced by the content validity using expert judgment and the reliability of the instrument with inter-rater of agreement. Data analysis techniques using quantitative descriptive analysis. The results showed that in terms of 1) Aspect of preparation was 80% (good category); 2) The process aspect is 70% (sufficient category); and 3) The results of the training from the aspect of preparation of participants 60% in the category of very competent and 40% competent. While aspects of the training implementation process as much as 20% in the category of highly competent, 40% competent, and 40% less competent. From the aspect of the results of the training all participants were in the competent category.
Keywords: fostered citizen training program, patchwork pillowcases, patchwork

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagong Suyanto & Sutinah.(2010). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Grinnel, Jr. Dan Richard, M. (1988). Social Work Research And Evaluaion. Thired Edition. Illionis: F.E Peacok Publisher.

Kusmayadi & Endar Sugiarto (2000). Metode Penelitian. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Marzuki Saleh & Waseso M. Guntur. (2010). Pendidikan Non Formal. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Nasir Yopi H & Ruhimat A (2013). Jagat Kerajinan Tangan. Jakarta : Pt. Bumi Aksara.

Pulukadang Wasia Roesbani & Putri Yurita (2009). Keterampilan Menghias Kain. Bandung : Penerbit Angkasa Bandung.

Radiani Awit & Santosa R.A. Rihastuti. (2009). Seni Perca Limbah Kain Yang Menghasilkan Uang. Yogyakarta: Kanisius.

Rina Febriana. (2016). Identifikasi Komponen Model Pelatihan Paedagogi Untuk Meningkatkan Profesionalitas Calon Guru Kejuruan. Jptk ( Nomor 1). Hlmn 3.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijanto. H (2012). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta : Pt Bumi Aksara.

Suryani Hamidah, Dkk. (2017). Model Pelatihan Pengelolaan Limbah Industri Pakaian Jadi. Makassar : Badan Penerbit Unm

Tina Afiatin, Jajang A. Sonjaya & Yopina G. Pertiwi .(2013). Mudah Dan Sukses Menyelenggarakan Pelatihan. Yogyakarta : Kanisius.

Wagiran. (2007). Inovasi Pembelajaran Dalam Penyiapan Tenaga Kerja Masa Depan. Jptk (Nomor 1). Hlmn 6.

Winarti Agus. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Konsep Dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i2.17216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1