PENGGUNAAN JOBSHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BEBE ANAK PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 KLATEN THE USE JOBSHEETS TO IMPROVE THE COMPETENCY IN MAKING CHILDREN’S BEBE PATTERNS AMONG GRADE XI STUDENTS OF SMK NEGERI 3 KLATEN

Puput Puspita Giri, Sri Emy Yuli Suprihatin M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan jobsheet dalam meningkatkan kompetensi pembuatan pola bebe anak pada siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Klaten; 2) mengetahui peningkatan kompetensi pembuatan pola bebe anak pada siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Klaten dengan tindakan menggunakan jobsheet. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan: perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI Tata Busana 3 berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes kognitif, dan tes unjuk kerja disertai penilaian sikap kerja. Validitas instrumen menggunakan validasi isi. Reliabilitas instrumen menggunakan metode antar rater dengan tingkat Procentage of Agreement. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian: 1) pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup; 2) Peningkatan kompetensi siswa dari pra siklus 42.4% menjadi 75.8% pada siklus I, dan siklus II meningkat menjadi 96.97%, sehingga penggunaan jobsheet dapat meningkatkan kompetensi pembuatan pola bebe anak pada siswa XI Tata Busana 3 SMK Negeri 3 Klaten.
Kata kunci: jobsheet, kompetensi, pembuatan pola bebe anak

This study aimed to: 1) investigate the learning with jobsheets to improve the competency on making children’s bebe patterns for Grade XI of SMK Negeri 3 Klaten; 2) to improve the competency in making children’s bebe pattern for Grade XI of SMK Negeri 3 Klaten after the use of jobsheets. This was classroom action research (CAR) study using Kemmis and Taggart model carried out 2 cycles. Each cycle consisted planning, action and observation, and reflection. The research subjects were 33 students Grade XI students of Fashion Design 3. Methods of data collection using observation sheets,cognitive test, and performance tests with assesment of work attitudes. The instrument validity was assessed in term of content validaty. The instrument reliability was assessed by the inter-rater method with a Procentage of Agreement. The data analysis used quantitative descriptive techniques. The result of the research that the use of jobsheets can improve the competency of making children’s bebe patterns manually with a grading system for Grade XI students of Fashion Design 3 of SMK Negeri 3 Klaten.
Keywords: jobsheets, competency, making children’s bebe pattern


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pardjono, et al. (2014). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: LPPM UNY.

Tim Penyusun. (2016). Pedoman Tugas Akhir. Yogyakarta: UNY.

Widarto. (2016). Panduan Penyusunan Jobsheet Mapel Produktif pada SMK. Dikutip dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-widarto-mpd/panduan-penyusunan-jobsheet-mapel-produktif-pada-smk.pdf. Diakses pada tanggal 20 Juli 2019, pukul 09:08 WIB.

Widjiningsih. 2002. Grading. Yogyakarta: FT UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i2.17212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1