PENGEMBANGAN MEDIA FLOWCHART PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MAN 1 SLEMAN

Shintya Della Awandany, Dr. Emy Budiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran Flowchart membuat saku Passepoille dengan klep pada mata pelajaran Keterampilan Tata Busana di MAN 1 Sleman; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Flowchart membuat saku Passepoille dengan klep pada mata pelajaran Keterampilan Tata Busana di MAN 1 Sleman.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahapan, yaitu Define, Design, Development, Disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Validitas dan Reliabilitas instrumen menggunakan validitas isi dan Alpha Cronbach dengan hasil sebesar 0,813. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah : (1) berupa produk media pembelajaran Flowchart membuat saku Passepoille dengan klep; (2) kelayakan media pembelajaran Flowchart berdasarkan : (a) penilaian ahli materi dan ahli media dengan hasil prosentase 98,25% Sangat Layak (b) pada uji terbatas dengan hasil prosentase 87,15% Sangat Layak (c) pada uji sesungguhnya dengan hasil prosentase 82,4% Sangat Layak.
Kata kunci : media pembelajaran, Flowchart, saku Passepoille

 

This study aimed to: (1) produce Flowchart learning media for making of a Passepoille pocket with a flap in the subject of Fashion Design Skills of MAN 1 Sleman,and (2) investigate the appropriateness of the developed Flowchart learning media. This was a research and Development study using Thiagarajan’s 4 D Development model consisting of 4 stages, namely Define, Design, Development, and disseminate. The research subjects were 32 students of Grade XI. The data were cllected through obervations, interviews, and questionnaires. The instrument validity was assessed in terms of content validity and Cronbach’s Alpha with a coefficient of 0.813. The data were analyzed using quantitative descriptive statistics. The results of the study were as follows. (1) the research product was Flowchart learning media for the making of a Passepoille pocket with a flap. (2) the fowchart learning media were : (a) very appropriate based on the assesment by the materials and media experts by 98.25% (b) very appropriate based on the small-scale tryout results by 87.15%;and (c) very appropriate based on the large-scale tryout results by 82.4%.
Keywords : learning media, Flowchart, Passepoille pocket

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Djamarah, Syaiful Bahri. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :PT Rineka Cipta

Djati Pratiwi, dkk.(2001). Pola Dasar dan Pecah Pola Busana. Jakarta : Kanisius

Sekartini, Tini. (2000). Pembuatan Saku. Depok : Pusat Pengembangan Penataran Guru Kejuruan.

Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar Kompetensi Siswa SMK Negeri Program Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta dalam Pembelajaran dengan KBK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 16, Nomor 2, 2007.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i7.17108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1