PENGEMBANGAN JOBSHEET MEMBUAT BAGIAN-BAGIAN BUSANA DALAM SUATU PRODUK MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Laila Nur Rohmah, Dr. Emy Budiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) menghasilkan jobsheet membuat bagian-bagian busana dalam suatu produk; (2) mengetahui kelayakan jobsheet bagian-bagian busana dalam suatu produk yang ditinjau dari ahli materi, ahli media, dan siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahapan dengan subjek penelitian siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 6 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk jobsheet bagian-bagian busana dalam suatu produk untuk kelas X di Busana SMK Negeri 6 Yogyakarta; (2) kelayakan jobsheet membuat bagian-bagian busana dalam suatu produk dari ahli materi mendapat skor rerata 3,82 dinyatakan sangat layak, sedangkan menurut ahli media mendapat skor rerata 3,80 dinyatakan sangat layak; kelayakan jobsheet membuat bagian-bagian busana dalam suatu produk dari uji coba skala kecil mendapat skor rerata 3,47 dinyatakan sangat layak dan uji coba skala besar mendapat skor rerata 3,40 dinyatakan sangat layak. Dengan demikian jobsheet membuat bagian-bagian busana dalam suatu produk dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.
Kata Kunci: jobsheet membuat bagian-bagian busana dalam suatu produk, teknologi menjahit, tata busana

 

This study aimed to: (1) produce a jobsheet making fashion parts in a product for class X students; (2) find out the feasibility of a jobsheet of clothing parts in a product for grade X students in terms of material experts, media experts, and students. This was a research and development study using the 4D development model developed by Thiagarajan consisting of 4 stages. The research subjects were 32 students of Grade X of Fashion Design of VHS 6 of Yogyakarta, with a total of 32 students. The data were collected through observations and questionnaires. The data analysis technique was the quantitative descriptive technique.The results of this study were as follows. (1) The research product was a job sheet for making fashion parts in a product in the Sewing Technology subject for class X students at VHS 6 of Yogyakarta. (2) The appropriateness of the job sheet for making fashion parts in a product according to the materials expert attained a mean score of 3.82, which was very appropriate, whereas according to the media expert attained a mean score of 3.80, which was very appropriate. The appropriateness of the jobsheet for making fashion parts in a product based on the small-scale tryout attained a mean score of 3.47, which was very appropriate, and that based on the large-scale tryout attained a mean score of 3.40, which was very appropriate. Therefore, the jobsheet blouse sewing was very appropriate to be used as learning media and could help students to understand learning materials.
Keywords: job sheet for blouse, sewing technology, fashion design

 


Full Text:

PDF

References


Abdillah, M.A. (2013). Kelengkapan Jobsheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Siswa. Gardan, Volume. 3, No. 1.

Sukoco, Sutiman, & Muhkamad W. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 22, Nomer 2, 217

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D . Bandung: Alfabeta.

__________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D . Bandung: Alfabeta.

__________. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta:Prenadamedia Group

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progrsif. Jakarta: Kencana

__________. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progrsif. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i6.17100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1