PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA CELANA PANJANG PRIA BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS XITATA BUSANA

Nidaul Khasanah, Dr. Widihastuti, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran membuat pola celana panjang pria berbasis adobe flash untuk siswa kelas XI Tata Busana, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran membuat pola celana panjang pria berbasis adobe flash untuk siswa kelas XI Tata Busana. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan expert judgment dengan hasil data dinyatakan layak atau valid. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah ADDIE. Hasil penelitian ini adalah : (1) pengembangan media dengan model ADDIE menghasilkan media pembelajaran membuat pola celana panjang priayang terdiri dari halaman utama, menu materi, menu praktek, dan menu kuis. (2) Berdasarkan penilaian oleh ahli materi didapatkan rerata skor 78 dari rerata skor maksimal 100 dengan kategori “layak”. Berdasarkan penilaian oleh ahli media dari rerata skor 93,5 dari rerata skor maksimal 100 dengan kategori “sangat layak. untuk hasil penilaian oleh siswa sebesar 71,80 dari rerata maksimal sebesar 80 dengan kategori “layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis adobe flash dikatakan layak digunakan.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pola Celana Panjang Pria

 

This study aimed to: (1) develop adobe-flash-based learning media for making men’s trouser patterns in grade XI of Fashion Design, and (2) investigate the appropriateness of the adobe-flash-based learning media for making men’s trouser patterns in grade XI of Fashion Design. The instrument validity was assessed in terms of content validity using and expert judgment and the results showed appropriateness or validity. This study used ADDIE development model. The result of this study are: (1) The developmentof media with ADDIE development adobe-flash-based learning media for making men’s trouser patterns that consist of:main page, material menu, practice menu, and quiz menu. (2) Based on the assessment by the materials expert, the mean score was 78 out of a maximum mean score of 100 with the appropriate category. Based on the assessment by the media expert, the mean score was 93.5 out of a maximum mean score of 100 with the very appropriate category. The results of the assessment by students yielded a mean score of 71.79 out of a maximum mean score of 80 with the appropriate category. These show that the adobe-flash-based learning media are appropriate to use.
Keywords: development, learning media, men’s trouser patterns

 


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Eko Putro Widyoko (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Leacock, T. L., & Nesbit, J. C. (2007). A Framework for Evaluating the Quality of Multimedia Learning Resources. Jurnal Simon Fraser University 2007.

Wahyu, Agung (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Komputer Pokok Bahasan Programmable Logic Controller Berrorientasi Pada Pembelajaran Langsung.Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Volume Universitas Negeri Yogyakarta Volume 21, Nomor 3, edisi Mei 2013

Yudhi Munadi (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Referensi

Tri Rahayu. (2010). Pengembangan Modul Pembuatan Pola Blus Secara Konstruksi Untuk Siswa Kelas XI SMK N 1 Ngawen. Yogyakarta: Skripsi, tidak dipublikasikan.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i6.17096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1