PENGARUH MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BLUS PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA DI SMK ISLAM MOYUDAN

Ikhrianti Arif Tarimbi, Dra. Kapti Asiatun, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media video tutorial, 2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media video tutorial, 3) Pengaruh media video tutorial pada materi pembuatan pola blus terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Time Series Design dengan subyek penelitian siswa kelas X Tata Busana SMK Islam Moyudan berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, tes pengetahuan, dan penilaian sikap. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan Prosentage Of Agreement dengan 2 ahli menyatakan layak. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar membuat pola blus siswa sebelum menggunakan video tutorial diperoleh rata-rata 81,40 kecenderungan baik sekali sebanyak 16 siswa (80%) 2) Hasil belajar membuat pola blus siswa setelah menggunakan video tutorial diperoleh rata-rata 82,75 kecenderungan baik sekali sebanyak 18 siswa (90%). 3) Ada pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap hasil belajar membuat pola blus dibuktikan dengan hasil uji t thitung >ttabel yaitu 17.29>2,638 dan 0,016 <0,05 sehingga membuktikan bahwa penggunaan media video meningkatkan hasil belajar membuat pola blus SMK Islam Moyudan.
Kata Kunci : Pengaruh, Media, Video tutorial

 

This study aimed to find out: 1) students’ learning outcomes before using tutorial video media, 2) their learning outcomes after using tutorial video media student, and 3) whether or not there was an effect of tutorial video media in the subject of pattern making with the topic of blouse pattern making on the attainment of students’ learning outcomes.This was a quasi-experimental study with a quantitative approach. The study used the research method of the time series design. The research subjects were the students of Grade X of Fashion Design of SMK Islam Moyudan of the 2018/2019 admission year with a total of 20 students. The data were collected using a performance test, a knowledge test, and an attitude assessment. The validity and reliability were assessed using a percentage of agreement involving 2 validating experts. The prerequisite tests were tests of normality and homogeneity. The hypothesis testing used the paired sample t-test.The results of the study showed that: 1) there was a positive effect of the use of tutorial video media for blouse pattern making with a scale of 1: 4, and 2) there was a positive effect of the use of tutorial video media on the learning outcomes of students. This was indicated by a standard deviation of 228.898 and a significance value (2- tailed) of 0.016. The improvement of the score was 1.35%, indicated by the scores of the pretest and posttest conducted twice.
Keywords: Effect, Media, Tutorial Video

 


Full Text:

PDF

References


Andrijati, Noening. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di PGSD Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 31 No. 2.

Alawiyah, Faridah. (2013). Dampak Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Guru. Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI Volume 5 No. 19.

Arikunto, Suharsimi. (2004). Prosedur Penilitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pengajaran, edisi revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Budiastuti, Emy. (2007). Kualitas Acasia Nilotica l sebagai pewarna kain sutera. Jurnal Penelitian Teknologi Kejuruan Volume 16 No. 2.

Imam Mustoliq, DKK. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 16, No. 1: 8-9

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta

Riyana, Cheppy. (2007). Pedoman Pengembangan Media video. Jakarta: P3AIUPI

Sudijono (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widihastuti, (2007). Pencapaian Standar Kompetensi Siswa SMK Negeri Program Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta dalam Pembelajaran dengan KBK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 16, No. 2: 236




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i5.17088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1