PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN POLA BADAN SISTEM SOEN SISWA KELAS X BUSANA 2 SMK NEGERI 2 GODEAN

Ratih Noviani, Sri Widarwati, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) menerapkan model pembelajaran PjBL pada pembuatan pola sistem Soen
di kelas X Busana 2 SMK Negeri 2 Godean; 2) meningkatkan kemampuan unjuk kerja pada
pembuatan pola sistem Soen dengan menerapkan model pembelajaran PjBL di kelas X Busana 2 SMK
Negeri 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan dalam 2 siklus.
Tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian
ini adalah 32 siswa kelas X Busana 2 SMK Negeri 2 Godean tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian
menunjukkan: 1) Pelaksanaan model pembelajaran PjBL pada pembuatan pola sistem Soen telah
dilaksanakan dengan langkah-langkah sesuai sintak PjBL dengan Kurikulum 2013; 2) kemampuan
unjuk kerja pembuatan pola sistem Soen dengan menerapkan model pembelajaran PjBL mengalami
peningkatan setiap siklusnya. Hal ini membuktikan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan
kemampuan unjuk kerja pembuatan pola sistem Soen kelas X Busana 2 SMK N 2 Godean.

Kata kunci : Project Based Learning, kemampuan unjuk kerja, pola Soen, Siswa, SMK

 

The objective of this study are to 1) apply the PjBL to improve the competence of Soen Pattern Making
System for Grade X students of Fashion Design Program 2nd Class of Public Vocational High School
2 Godean; and 2) prove that the Project Based Learning was capable in improving the competence of
Soen Pattern Making System for Grade X students of Fashion Design Program 2nd Class of Public
Vocational High School 2 Godean. This was a classroom action research (CAR) study using Kemmis
and McTaggart’s spiral carried out in 2 cycles. The stages in each cycle included planni ng, action &
observation, and reflection. The research subject were Grade X students of Fashion Design Program
2nd Class of Public Vocational High School 2 Godean, with total of 32 students in the 2017/2018
academic year. The results of this study were as follow: 1) Implementation of Project-Based Learning
in the material of Soen Making Pattern System; 2) the ability improvement by applying Soen Pattern
Making System was shown by the increase of the assessment scores of student competence to 100%.
This proves that the Project-Based Learning can improve the competence of Soen Making Pattern
System of Grade X students of Fashion Design Program 2nd Class of Public Vocational High School
2 Godean.

Keywords: Project Based Learning, performance capabilities, Soen, Vocational Schools


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa. (2013). Instrumen Perangkat

Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya

Ana, S dan Neni R. (2013). Pengembangan

Tugas Akhir Melalui Project Based

Learning Model Untuk Meningkatkan

Generic Green Skills Siswa. Jurnal

Pendidikan Teknologi Kejuruan Volume

No. 3.

Ernawati. (2008). Tata Busana jilid 2, Jakarta:

Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal

Manajemen Pendidikan Dasar dan

Menengah Departemen Pendidikan

Nasional.

Grinnel, Jr. dan Richart, M. (1998). Social

Work Research and Evaluating. Third

Penerapan Model Pembelajaran…(Ratih Noviani) 11

Hamzah & Satria Koni. (2016). Assassment

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Manap, A. (2009). Implementasi Penilaian

Pembelajaran Pada SMK Jurusan

Bangunan di Daerah Istimewa

Yogyakarta. Jurnal Pendidikan

Teknologi Kejuruan Volume 18, No 2.

Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project

Based Learning Untuk Meningkatan

Kinerja Dan Prestasi Belajar Fisika

Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik

Kejuruan Volume 22, No 4.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model

Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaj

Pressindo Anggota IKAPI.

Trianto. (2014). Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan

Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia

Group.

Wening, Sri. 2010. Evaluasi Belajar Yogyakarta: FT UNY Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i2.15292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1