EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PENCAPAIAN HASIL BELAJAR TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI DIY

Prahadika Maharaning Pratiwi, Dr. Widihastuti, M.Pd Dr. Widihastuti, M.Pd

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) pencapaian hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri
1 Wonosari DIY sebelum menerapkan metode pembelajaran talking stick; 2) pencapaian hasil belajar
siswa kelas X SMK Negeri 1 Wonosari DIY setelah menerapkan metode pembelajaran talking stick
untuk kelas eksperimen; 3) efektivitas metode pembelajaran talking stick pada pencapaian hasil
belajar tekstil siswa kelas X Tata Busana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian yaitu siswa kelas
X Tata Busana SMK Negeri 1 Wonosari DIY yang berjumlah 62 siswa, sampel sejumlah 32 siswa
kelas eksperimen dan 30 siswa kelaas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Hasil belajar siswa
kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menerapkan metode talking stick rendah. 2) Hasil belajar
siswa kelas eksperimen setelah menggunakan metode pembelajaran talking stick mengalami
peningkatan yang signifikan. 3) Berdasarkan perhitungan statistik metode pembelajaran talking stick
efektif untuk pencapaian hasil belajar tekstil. Namun jika dilihat dari persentase hasil yang mencapai
KKM kurang dari 80%.

Kata kunci : Metode Talking Stick, Hasil Belajar, Tekstil, SMK

 

This study aimed to find out: 1) the attainment of the learning outcomes of Grade X students of
Fashion Design of SMK Negeri 1 Wonosari, Special Region of Yogyakarta (SRY) before applying the
talking stick learning method in both the control and experimental classes; 2) the attainment of their
learning outcomes after applying the talking stick learning method for the experimental class and the
lecturemethod for the control class; and 3) the effectiveness of the talking stick learning method in the
attainment of their textile learning outcomes. The research method used is an experimental research
method with a type of quasi-experimental research. The population of the study were students of class
X in Clothing of SMK Negeri 1 Wonosari DIY, totaling 62 students, a sample of 32 students in the
experimental class and 30 students in the control group. The results of the study showed: 1) The
learning outcomes of the control class and experimental class students before applying the low
talking stick method. 2) The learning outcomes of the experimental class students after using the
talking stick learning method experienced a significant increase. 3) Based on statistical calculations
the talking stick learning method is effective for achieving textile learning outcomes. However, if seen
from the percentage of results that reach KKM is less than 80%.

Keywords: Talking Stick Method, Learning Outcomes, Textiles, Vocational Schools

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem

Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003

Tentang: Sistem Pendidikan Nasional.

Diambil pada tanggal 7 Oktober 2018, dari

http://kelembagaan.ristekdikti.go.id.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran

dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Majid, Abdul.(2015). Penilaian Autentik

Proses Dan Hasil Belajar. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta:

Mitra Cendikia

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran.

Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Taniredja, dkk. (2015). Model-Model

Pembelajaran Inovatif dan Efektif.

Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i2.15280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1