PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUATAN KERAJINAN BANTALAN JARUM DARI LIMBAH HASIL JAHITAN BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Sinta Merlinda, Triyanto, M.A Triyanto, M.A

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan video pembuatan kerajinan bantalan jarum dari
limbah hasil jahitan busana untuk siswa kelas X busana butik SMK Muhammadiyah 1 Tempel dan 2)
mengetahui kelayakan media video pembuatan kerajinan bantalan jarum dari limbah hasil jahitan
busana untuk siswa kelas X busana butik SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Jenis penelitian ini adalah
penelitian dan pengembangan (R&D) dan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang
disederhanakan oleh Puslitjaknov. Prosedur penelitian meliputi: 1) analisis kebutuhan; 2)
pengembangan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba skala kecil; 5) uji coba skala besar.
Hasil penelitian pengembangan ini adalah: 1) produk media pembelajaran berupa video pembuatan
kerajinan bantalan jarum dari limbah hasil jahitan busana yang dinyatakan layak melalui proses
Research and Development; 2) hasil kelayakan video pembuatan kerajinan bantalan jarum dari limbah
hasil jahitan busana berdasarkan pertimbangan dari para dan siswa yaitu media video “sangat layak”
digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : media video, kerajinan bantalan jarum, siswa SMK.

 

This study aims to: 1) produce a video of making needle bearing crafts from fashion stitching waste
for class X students of boutique clothing at Muhammadiyah Vocational School 1 Paste and 2) find out
the feasibility of video media making craft of needle pads from fashion stitching waste for class X
boutique fashion students Muhammadiyah Vocational School 1 Tempel. This type of research is
research and development (R & D) and uses the development model of Borg & Gall which is
simplified by Puslitjaknov. Research procedures include: 1) needs analysis; 2) initial product
development; 3) expert validation and revision; 4) small scale trials; 5) large scale trials. The results
of this development research are: 1) learning media products in the form of videos of needle bearing
crafting from fashion stitches that were declared feasible through the Research and Development
process; 2) the results of the video feasibility of making needle bearing crafts from fashion stitching
waste based on the consideration of the students and that is "very feasible" video media used as
learning media.

Keywords: video, needle bearing crafts, VHS student.

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Jakarta: Dikmenum.

Depdiknas.

Maswan & Muslimin, K. (2017). Teknologi

Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Murti, Bhisma. 2011. “Validitas dan

Reliabilitas Pengukuran”, Makalah,

fk.uns.ac.id/index.php/download/file/61.

Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian

Pengembangan. Pusat Penelitian

Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan

Penelitian dan Pengembangan Departemen

Pendidikan Nasional.

Pribadi, Benny A. (2017). Media dan

Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta.

Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i1.15277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1