KETERLAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT SMK N 6 PURWOREJO

Ratih Dewanti, Kapti Asiatun, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan tahapan pendekatan saintifik pada
pembelajaran teknologi menjahit di SMK N 6 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan pendekatan survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana
SMK N 6 Purworejo sejumlah 64 orang. Teknik penentuan sampel yaitu dengan teknik purposive
sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi, wawancara,
dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian adalah : (1) Keterlaksanaan mengamati hasil yang diperoleh 93,75 %. (2)
Keterlaksanaan tahapan menanya hasil yang diperoleh 100 %. (3) Keterlaksanaan tahapan
mengeksplorasi hasil yang diperoleh 98,44 %. (4) Keterlaksanaan tahapan mengasosiasi hasil yang
diperoleh 98,44 %. (5) Keterlaksanaan tahapan mengomunikasikan hasil yang diperoleh 98,44 %. (6)
Keterlaksanaan pendekatan saintifik hasil yang diperoleh 89,06 %, hal ini ditinjau dari data perolehan
hasil angket, observasi dan wawancara.
 
Kata kunci: keterlaksanaan pembelajaran, pendekatan saintifik, teknologi menjahit
 
THE IMPLEMENTATION OF THE SCIENTIFIC APPROACH IN THE 2013 CURRICULUM
IN SEWING TECHNOLOGY LEARNING AT PVHS 6 OF PURWOREJO

 
ABSTRACT
This study aims to investigate the implementation of the stages of the scientific approach in
sewing technology learning at PVHS 6 of Purworejo.This was a descriptive study with the survey
approach. The sample consisted of the students of Grade X of Fashion Design at PVHS 6 of
Purworejo with a total of 64 students. The data were collected using observation sheets, interviews,
documentation and questionnaires. The data were analyzed by the statistical descriptive analysis
technique with percentages. The results of the study are as follows. (1) Regarding the implementation
of the stage of observing, the result is 93.75%. (2) Regarding the implementation of the stage of
questioning, the result is 100%. (3) Regarding the implementation of the stage of exploring, the result
is 98.44%. (4) Regarding the implementation of the stage of associating, the result is 98.44%. (5)
Regarding the implementation of the stage of communicating, the result is 98.44%. (6) Regarding the
implementation of the scientific approach the result is 89.06%, this is based on the data of the results
of questionnaires, observations, and interviews.

Keywords: implementation of learning, scientific approach, sewing technology

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran

Saintifik Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Gava Media

Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid I.

Jakarta: Direktorat Pembinaan

Sekolah Menengah Kejuruan,

Direktorat Jenderal Manajemen

Pendidikan Dasar dan Menengah,

Departemen Pendidikan Nasional

Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum

dalam Pembelajaran SD/MI,

SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyaarta:

Ar-ruzz Media

Gunadi, Usman Tawardjono, Setya Nugraha

Beni. (2014). Identifikasi

Kompetensi SMK Program Studi

Otomotif dalam Rangka

Implementasi Kebijakan Kurikulum

Jurnal Pendidikan Teknologi

Kejuruan Volume 22 No. 1

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kurniasih, I. dan Sani, B. (2014). Implementasi

Kurikulum 2013: Konsep &

Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Majid, A. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam

Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Manap, A. (2009). Implementasi Penilaian

Pembelajaran pada SMK Jurusan

Bangunan di Daerah Istimewa

Yogyakarta. Jurnal Pendidikan

Teknologi Kejuruan Volume 18 No.2

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia No. 22 tahun 2016 tentang

Standar Proses Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta: Direktur Jenderal

Peraturan Perundang-Undangan Kementerian

Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik

Indonesia

Prihati, S. (2013). Dasar Teknologi Menjahit I.

Jakarta: Tim

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta

Sutopo. (2008). Penerapan Model

Pembelajaran Algoritma-Heuristik

sebagai Upaya untuk Meningkatkan

Kualitas Pembelajaran Praktik

Pemesinan. Jurnal Pendidikan

Teknologi Kejuruan Volume 17 No.2

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian

Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i6.13213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1