PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR PRAKTIK MENJAHIT BUSANA WANITA SISWA KELAS X DI MAN 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Hitaqi Millata, Widyabakti Sabatari, M.Sn

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kompetensi belajar praktik menjahit busana
wanita kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran EEK, 2) Kompetensi
belajar praktik menjahit busana wanita kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model
pembelajaran Quantum Learning, 3) Adanya pengaruh model pembelajaran Quantum Learning
terhadap kompetensi belajar praktik menjahit busana wanita. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimen. Subjek penelitian kelas X MAN 1 Sleman sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan
sampel dilakukan secara random sampling. Prosedur penelitian melalui tiga tahap yaitu persiapan,
pelaksanaan, dan pengolahan. Data dikumpulkan dengan mengunakan penilaian kognitif, lembar
penilaian afektif dan penilaian unjuk kerja. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi belajar pada
kelas kontrol terdapat kategori tuntas sebanyak 9 siswa (36%), dan yang belum tuntas sebanyak 16
siswa (64%), 2) Kompetensi belajar pada kelas eksperimen kategori tuntas sebanyak 22 siswa (88%)
dan nilai kompetensi siswa dalam kategori yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (12%). 3) Hasil
analisis uji t pada penelitian ini nilai t
hitung
 > t
 (-7,703 > 2,011) dan nilai signifikansi (P) < 0,05
(0,000 < 0,05), disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran Quantum Learning  
tabel

Kata Kunci : Quantum Learning, Pencapaian kompetensi, dan Busana Wanita

 

 

This study aims to find out: 1) the learning competency in the practicum of sewing women’s
clothing among the control group using the EEK learning model, 2) the learning competency in the
practicum of sewing women’s clothing among the experiment group using the Quantum learning
model, 3) the effect of Quantum learning model on the learning competency in the practicum of sewing
women’s clothing. This was a quasi-experimental study. The subject was 50 students from grade X of
MAN 1 Sleman. The sampling technique used was random sampling. The procedures of the research
were planning, conducting the research, and processing the data. The data were collected through
cognitive assessment, an attitude assessment sheet, and a performance assessment sheet. The result of
the study showed that: 1) the learning competency scores of the students in the control group were 9
students (36%) in the mastery category and 16 students (64%) in the non-mastery category, 2) the
learning competency scores of the students in the experiment group were 22 students (88%) in the
mastery category and 3 students (12%) in the non-mastery category, 3) the result of the t-test analysis
in this study was t
obtained
 > t
(-7.703 > 2.011) and the significance score was (P) < 0.05 (0.000 <
0.05), it can be concluded that Ho was rejected, and Ha was accepted. The result of t-test showed that
there is an effect of the use of Quantum learning model.

Keywords: Quantum Learning, competency achievement, women’s clothing
 
table



Full Text:

PDF

References


Aan Ardian dan Sudji Munadji (2015)

Pengaruh Strategi Pembelajaran

Student-Centered Learning dan

Kemampuan Spasial Terhadap

kreativitas Mahasiswa. Jurnal

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

(Nomor 4). Volume.22

Alwiyah Abdurrahman. (2013).

Membiasakan Belajar Nyaman dan

Menyenangkan. Bandung: PT. Mizan

Pustaka

DePorter & Herarcki (2009). Model

Pembelajaran Quantum Learning.

Bandung: PT.Mizan Pustaka

Goet Poespo. (2005). Panduan Teknik

Menjahit.Yogyakarta :Kanesius

Hamzah B Un. (2007). Model

Pembelajaran Menciptakan Proses

Belajar Mengajar Yang Kreatifdan

Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Putrohari. (2009). Kompetensi Belajar.

Jakarta: Gramedia

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Tri Budi. (2012). Pengaruh Model

Penyelenggaraan Work-Based

Learning Rolling Terpadu Terhadap

Aspek Aspek Kualitas Hasil Belajar.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan (Nomor 1). Volume 21

Wina Sanjaya. (2013). Strategi

Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i2.10776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1