HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA BIDANG BUSANA DENGAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI BAGI SISWA SMK N 3 KLATEN

Dahlia Nurjanah, Widyabakti Sabatari, M.Sn

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui minat berwirausaha bidang busana siswa kelas
XII TB SMK N 3 Klaten, (2) Mengetahui hasil belajar Pembuatan Busana Industri siswa kelas XII TB
SMK N 3 Klaten, dan (3) Mengetahui hubungan antara minat berwirausaha bidang busana dengan hasil
belajar Pembuatan Busana Industri siswa kelas XII TB SMK N 3 Klaten. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Proses pengambilan data dilaksanakan pada September-
November 2017, tempat penelitian di SMK N 3 Klaten. Populasinya sebanyak 96 siswa kelas XII
Tata Busana SMK N 3 Klaten dan sampel yang digunakan sebanyak 77 siswa kelas XII Tata Busana.
Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus dari Isaac dan Michael.
Pengumpulan data penelitian menggunakan angket untuk variabel minat berwirausaha bidang busana
(X) dan dokumentasi untuk variabel hasil belajar Pembuatan Busana Industri (Y). Uji validitas
instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha
Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat berwirausaha bidang busana siswa termasuk
dalam kategori rendah frekuensinya 55,8% atau 43 siswa. Sub indikator dominan pembentuk variabel
minat berwirausaha bidang busana adalah perasaan senang dengan besar frekuensi kategori tinggi
sebesar 31,6%; (2) Hasil belajar Pembuatan Busana Industri siswa termasuk dalam kategori rendah
sebanyak 55,8% atau 43 siswa; (3) Terdapat hubungan yang positif antara minat berwirausaha bidang
busana dengan hasil belajar Pembuatan Busana Industri yang ditunjukkan dengan r (0,843) > r
tabel
hitung

(0,227) dalam taraf signifikan 5%, dengan demikian keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis
yang diajukan.
Kata Kunci: Minat Berwirausaha, Hasil Belajar, Pembuatan Busana Industri


 

This study aims to: (1) knowing the entrepreneurship interest in the clothing area of  Grade XII students
majoring in Fashion in SMK N 3 Klaten, (2) knowing the learning results of Industrial Clothing Making
of Grade XII students majoring in Fashion in SMK N 3 Klaten, and (3) knowing the relation between
entrepreneurship interests in the clothing area and the learning results of Industrial Fashion Making
students in Grade XII majoring in Fashion in SMK N 3 Klaten. The type of this research is quantitative
descriptive using a correlation technique. It was conducted from September 2017 until November 2017.
The place of the research is at SMK N 3 Klaten. The population consists of 96 students of Grade
XII SMK N 3 Klaten majoring in Fashion and the samples used are 77 students of  Grade XII
majoring in Fashion. The sample selection technique uses simple random sampling technique applying
the formula from Isaac and Michael. The data collection instruments used were questionnaires is used
to reveal the interest of entrepreneurship in the field of fashion (X) and documentations is used to obtain
the learning data of Industrial Clothing Making (Y). The validity test of the instrument uses Product
Moment correlation and Reliability Test using Alpha Cronbach formula. The results shows that: (1) the
entrepreneurship interest in the field of clothing/fashion of students in Grade XII majoring in Fashion
in SMK N 3 Klaten is classified in the low frequency category (55.8% or 43 students). The dominant
sub-indicator of the entrepreneurship interest in the fashion sector is the feeling of pleasure with the
frequency categorized as high which is 31.6%; (2) the learning results of Industrial Clothing Making of  studunts Grade XII majoring in Fashion in SMK N 3 Klaten belong to the low category getting 55.8%
or 43 students; (3) there is a positive relationship between the entrepreneurship interest in fashion field
and the learning results of Industrial Clothing Making which is shown by r count which  is bigger than
r table in 5% significant level (0,843> 0,227). Therefore, the overall result of this analysis supports the
proposed hypothesis.
Keywords: Entrepreneurship Interest, Learning Results, Industrial Clothings Making


Full Text:

PDF

References


BPS, Sakernas. (2016). Presentase Penduduk

Miskin Menurut Provinsi 2013-2016.

Diakses tanggal 27 Februari 2017 dari

http://www.bps.go.id

BPS, Sakernas. (2016). Tingkat Pengangguran

Terbuka (TBT) Menurut Provinsi 19862016.

Diakses

tanggal

Februari

dari

http://www.bps.go.id

Daryanto & Cahyono, A.D. (2013).

Kewirausahaan (Penanaman Jiwa

Kewirausahaan). Yogyakarta: Gava

Media

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara.

Fitrihana, N. dkk. (2013). Pembuatan Busana

(Industri). Yogyakarta: Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan Republik

Indonesia.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta:

Rajagrafindo Persada

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumahamijaya, S. (2003). Pendidikan Karakter

Mandiri dan Kewiraswastaan. Bandung:

Angkasa.

Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suryana, Y. (2015). Metode Penelitian

Manajemen Pendidikan. Jakarta:

Kencana.

Suryana, Y. & Bayu, K. (2013).

Kewirausahaan Pendekatan

Karakteristik Wirausahawan Sukses.

Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i2.10771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1