PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PEMBUATAN POLA BLUS KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 1 SEWON

Aprilia Safitri, Widyabakti Sabatari, M.Sn

Abstract


Penelitian bertujuan: 1)  menghasilkan video pembelajaran pembuatan pola blus kelas XI SMKN
1  Sewon,  2)  mengetahui  kelayakan  video  pembelajaran  pembuatan  pola  blus  kelas  XI  SMKN  1
Sewon.Jenis  penelitian  adalah  penelitian  dan  pengembangan.  Model  pengembangan  menggunakan
model Tim  Puslitjaknov dengan prosedur: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk awal, 3)
validasi dan revisi, 4) uji skala kecil, 5)  uji skala besar dan produk akhir. Subyek penelitian  uji skala
kecil  6  siswa  dan  uji  skala  besar  30  siswa.Hasil  penelitian:  1)  produk  video  pembelajaran  sesuai
dengan  materi  dan  silabus,  durasi  video  ±48  menit  dengan  format  file.mov,  2)  video  pembelajaran
layak digunakan baik dari segi aspek isi materi, tampilan layar, tujuan,dan kemanfaatan. Kelayakan
video  pembelajaran  berdasarkan  penilaian  dari  ahli  media  dan  ahli  materi.  Ahli  media  memberikan
penilaian layak dengan skor  24,  sedangkan ahli materi memberikan penilaian layak dengan skor 21.
Uji skala kecil dengan skor 362 (77.84%)  penilaian layak. Uji skala besar dengan  skor 1878 (80.56%)
termasuk dalam kategori layak.
Kata kunci : video pembelajaran, pengembangan video, pembuatan pola blus, SMK Negeri 1 Sewon

 

This study aimed to: 1) produce a learning video on making blouse pattern grade XI SMKN 1
Sewon, 2) find out the appropriateness of a learning video on making blouse pattern grade XI SMKN 1
Sewon. This was a research and development. The development model was developed by a team from
the  Center  of  Policy  and  Innovation  Studies  with  procedure  i.e.:  1)  needs  analysis,  2)  preliminary
product development, 3) expert validation and revision, 4) a small-scale tryout and revision, and 5) a
large-scale tryout and the final product. Subject 6 students for a small-scale tryout and 30 students for
a large-scale tryout. The result: 1) learning video products according to material and syllabus, the
duration of video ±48 minutes with video file formats .mov, 2) learning videos appropriate to be used
both  in  terms  of  aspects  of  material  content,  screen  display,  purpose,  and  benefits.  The
appropriateness of learning videos based on an assesssment of a media expert and material expert.
Media  expert  give  a  appropriate  assesment  with  an  score  of  24,  and  material  expert  give  a
appropriate assesment with an score of 21. A small-scale tryout with the highest score 362 (77.84%)
for appropriate assesment. A large-scale tryout with the highest score 1878 (80.56%) include in the
appropriate category.
Keyword: learning videos, developing of videos, making blouse pattern, SMK Negeri 1 Sewon

 


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2009). Media

Pembelajaran. Jakarta : PT

Rajagrafindo Persada.

Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu

Media Pengajaran. Yogyakarta :

Diva Press.

Djati Pratiwi, dkk. (2001). Pola Dasar Dan

Pecah Pola Busana. Yogyakarta :

Kanisisus.

Djemari Mardapi. (2008). Pengukuran

Penilaian dan Evaluasi Pendidikan.

Yogyakarta : Nuha Utera.

Jurnal Pendidikan Tata Busana Tahun 2017

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun

: Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Bandung : Alfabeta.

Tim Puslitjaknov. (2008). Metodologi

Penelitian Pengembangan. Jakarta :

Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i6.10329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1