PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH MEMBUAT POLA KEMEJA PRIA SISWA SMK NEGERI 1 SEWON

Nindhita Gita Puspita Herdiyani, Sugiyem, M.Pd Sugiyem

Abstract


Penelitian  bertujuan:  1)  menghasilkan  media  pembelajaran  berbasis  Adobe  Flash  kompetensi
membuat  pola  kemeja  pria  untuk  siswa  SMK  Negeri  1  Sewon,  2)  mengetahui  kelayakan  media
pembelajaran  tersebut.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  dan  pengembangan  sesuai  model
pengembangan menurut Anik Ghufron. Penelitian melalui empat tahapan, yaitu: 1) studi pendahuluan
meliputi  studi  pustaka  dan  lapangan,  2)  pengembangan,  terdiri  dari  perencanaan,  pengembangan
produk  dan  uji  kelayakan,  3)  uji  coba  lapangan  skala  kecil  dan  besar  serta  produk  akhir,  dan  4)
diseminasi.  Subjek  penelitian  berjumlah  36  siswa.  Hasil  penelitian:  1)  media  pembelajaran  sesuai
dengan materi dan silabus di SMK, durasi media ± 45 menit, format file  .swf  dan disimpan pada  CD.
2)  kelayakan  media  oleh  judgement  expert  menunjukkan  klasifikasi  layak  pada  aspek  pembelajaran
dengan  skor  3,6,  aspek  isi/  materi  dengan  skor  4,0  dan  aspek  tampilan  dengan  skor  3,7.  Uji  coba
lapangan  skala  kecil  diklasifikasikan  layak  dengan  skor  3,78  dan  skala  besar  diklasifikasikan  layak
dengan skor 3,97.
Kata kunci : pengembangan media pembelajaran, adobe flash, pola kemeja pria

This  research aim  to:  1)  to  develop   a learning  media  based  on Adobe  Flash  of  men’s  shirts
pattern making competency for grade XI student in State Vocational School 1 Sewon, 2) to finding out
the learning media’s appropriatness. This is a research and development (R&D) study types based on
development  model  by  Anik  Ghufron.  This  research  is  through  four  stages,  namely:  1)  preliminary
study  which  include  the  libraries  and  the  field  study,  2)  the  development  that  consists  of  planning
stage, product developing stage, and appropriatness test stage, 3) field test which includes preliminary
field test on small-scale, main field test on large-scale and final product, 4) dissemination. The subject
in  this  research  is  36  students.  The  result  of  this  research  study  is:  1)  product  learning  media  in
accordance with the materials and syllabus in State Vocational School, media presentation duration is
around  45  minutes,  media  file  formats  shaped   .swf  and  the  media  can  be  saved  in  a  CD.  2)  the
learning media appropriatness by judgment expert showed that the learning media can be classified
as  appropriate  for  the  lessons  aspect  with  assesment  3,6,  on  the  content  material  aspect  with
assesment  4,0,  the  media  aspect  with  assesment  3,7.  Preliminary  field  test  on  small-scale  can  be
classified as appropriate with assesment 3,78 and on large-scale can be classified as appropriate with
assesment 3,97.
Key words : development of learning media, adobe flash, the men’s shirts pattern

 


Full Text:

PDF

References


Anik Ghufron, Widyastuti Purbani, Sri

Sumardiningsih. (2007). Panduan

Penelitian dan Pengembangan Bidang

Pendidikan dan Pembelajaran.

Penerbit: Lembaga Peneliti

Universitas Negeri Yogyakarta,

Karangmalang, Yogyakarta.

Azhar Arsyad. (2009). Media

Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Eko Putro Widoyoko. (2016). Evaluasi

Program Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh

Berbasis Teknologi Informasi dan

Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Oemar Hamalik. (2003). Media

Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya

Bakti.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D). Bandung:

Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i6.10328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1